Berita

    Mengenal Expansion Valve: Komponen dan Cara Kerjanya

    Tahukah Anda, jika ternyata expansion valve atau katup ekspansi memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga suhu dan tekanan yang optimal di dalam sistem pendingin mobil lho.

    Artikel ini akan membantu Anda untuk memahami peranan dari katup ekspansi ini secara lebih dalam, termasuk bagaimana cara kerjanya dalam sistem pendingin mobil.

    Apa Saja Fungsi Expansion Valve pada Sistem Pendingin Mobil?

    Memiliki tanggung jawab dalam mengatur aliran refrigeran pada sistem pendingin mobil atau AC, berikut fungsi expansion valve yang perlu Anda ketahui, antara lain:

    • Untuk Mengurangi Tekanan

    Katup ekspansi tentu saja memiliki peran untuk mengurangi tekanan tinggi dari refrigeran   yang berasal dari kompresor. Saat refrigeran bertekanan tinggi masuk ke katup ekspansi, katup ini akan mengendalikan aliran dan mengurangi tekanan refrigeran tersebut.

    • Untuk Mengatur Aliran Refrigeran

    Dengan mengontrol aliran refrigeran yang masuk ke evaporator, katup ekspansi akan memastikan bahwa refrigeran dapat mengalir dengan kecepatan yang tepat dan mencapai suhu yang diinginkan!

    • Untuk Menurunkan Suhu Refrigeran

    Selain mengurangi tekanan, katup ekspansi juga memungkinkan refrigeran untuk mengalami ekspansi yang cepat. Dimana proses ekspansi akan menghasilkan penurunan suhu refrigeran yang signifikan. Pasalnya, suhu yang rendah sangat diperlukan untuk dapat mendinginkan udara yang berada di dalam evaporator.

    • Untuk Mengatur Superheat

    Fungsi lain katup ekspansi adalah sebagai pengatur superheat, dimana dengan memangah suhu evaporator, katup ekspansi akan mengatur sejauh mana refrigeran harus menguap sebelum mencapai kompresor. Pengaturan ini sangat penting demi dapat menjaga efisiensi dan kinerja sistem pendingin mobil (AC).

    Komponen-Komponen Katup Ekspansi pada Sistem Pendingin Mobil

    Katup Ekspansi pada sistem AC mobil terdiri dari beberapa komponen yang bekerja bersama untuk mengatur aliran refrigeran dan mengontrol suhu udara. Berikut adalah beberapa komponen utama yang terdapat pada AC mobil:

            1. Saluran Outlet ūü°™Komponen ini berfungsi untuk mengalirkan refrigeran keluar dari katup ekspansi menuju evaporator. Refrigeran yang keluar akan melanjutkan perjalanan ke evaporator untuk proses pendinginan.

            2. Saluran Inlet ūü°™ Saluran inlet menghubungkan katup ekspansi dengan receiver dryer. Komponen ini berfungsi sebagai jalur masuknya refrigeran dari receiver dryer ke katup ekspansi, sehingga refrigeran dapat mengalami proses penekanan.