Berita

    Ketahui Jenis-jenis Pengharum Mobil

    Tidak dipungkiri bahwa kabin mobil terkadang bau apek dan tak sedap untuk dihirup. Untuk membuatnya lebih segar maka pengharum ruangan bisa menjadi sebuah solusi yang tepat.

    Kabin yang harum tentunya akan memberikan nuansa yang nyaman kepada penghuni kendaraan. Terlebih bila mobil tersebut sering diisi oleh banyak orang yang tentunya memiliki aromanya masing-masing. Atau mobil juga sering digunakan untuk mengangkut barang dengan bau menyengat seperti ikan atau hewan peliharaan, maka pengharum mobil menjadi sesuatu yang wajib untuk dimiliki.

    Secara umum, ada beberapa pengharum kabin mobil yang bisa dipilih. Tentunya semua memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Dan berikut adalah beberapa jenis pengharum mobil yang biasa digunakan.

    Pengharum mobil jenis padat

    Yang paling umum digunakan pada kendaraan adalah pengharum mobil berbentuk padat. Pengharum mobil padat terbilang sangat mudah untuk digunakan dan cukup tahan lama. Tak heran bila banyak yang menggunakannya karena tidak perlu diganti setiap bulan.

    Pengharum mobil padat umumnya terbuat dari campuran beberapa bahan seperti resin, keramik, plastik, serta berbagai bahan lain yang diberi pewangi. Selain tahan lama, karena bentuknya yang padat pemilik kendaraan tidak perlu takut isinya akan tumpah saat terjadi guncangan mobil.

    Meski memiliki banyak keunggulan, pengharum mobil padat tidak menghasilkan aroma yang kuat. Hal ini karena bahannya yang tidak mudah menguap sehingga kadang wanginya hanya tercium secara samar.

    Pengharum mobil jenis gel

    Jenis pengharum mobil berikutnya adalah berjenis gel. Keunggulan dari pengharum jenis gel ini adalah tidak mudah tumpah meski mobil berguncang cukup hebat. Namun aroma wangi dari pengharum mobil gel terbilang cukup kuat bila dibandingkan dengan jenis padat. Menariknya lagi, pengharum mobil gel umumnya juga mengandung zat-zat yang terdapat pada deodoran sehingga bisa menghilangkan aroma tidak sedap pada kabin mobil.

    Sayangnya, pengharum mobil berbentuk gel dalam penggunaannya bisa meninggalkan bercak pada interior mobil khususnya saat terkena panas atau sinar matahari langsung. Untuk mengatasinya, sebaiknya meletakkan pengharum mobil di bawah jok mobil agar terhindar dari sinar matahari.

    Pengharum mobil jenis spray

    Kelebihan pengharum mobil jenis spray adalah wanginya bisa mudah menyebar ke seluruh kabin mobil. Yang perlu dilakukan adalah menyemprotkan parfum secukupnya sesaat sebelum Anda memasuki mobil. Seketika itu juga wanginya bisa langsung diminati oleh pengemudi dan penumpangnya.