Berita

    Cara Ganti Ban Serep yang Benar

    Setiap melakukan segala sesuatu, pasti ada tata cara atau prosedurnya. Sama halnya ketika Anda hendak melakukan penggantian ban ke ban serep. Supaya mobil bisa kembali digunakan, cara ganti ban serep harus dilakukan dengan benar.

    Artikel ini akan mencoba membahas tentang tata cara mengganti ban serep yang benar. Ikuti ulasan lengkapnya pada penjelasan berikut!

    7 Cara Ganti Ban Serep

    Ban merupakan komponen yang memiliki peranan penting pada setiap kendaraan. Maka dari itu apabila terdapat masalah pada ban saat di perjalanan, mulai dari keausan hingga kebocoran dan kondisi darurat lainnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggantinya ke ban serep.

    Untuk bisa mengganti ban ke ban cadangan, berikut ini ada beberapa kiat ganti ban serep yang bisa Anda praktikkan:

    • Persiapkan Peralatan

    Langkah pertama untuk mengganti ban ke ban serep, yaitu tentu saja Anda harus mempersiapkan peralatannya. Beberapa peralatan yang sekiranya akan dibutuhkan untuk mengganti ban antara lain, yaitu dongkrak, kunci roda, dan tentu saja ban serep itu sendiri.

    • Cari Tahu Posisi Ban Serep

    Untuk bisa mempersiapkan ban serep, Anda perlu mengetahui di mana letak atau posisi dari ban tersebut. Lokasi ban serep pada mobil biasanya tidak selalu terlihat seperti di bagian bagasi saja melainkan bisa juga di bagian yang tersembunyi seperti di bawah mobil. Jadi sebelum melakukan penggantian, terutama bagi Anda yang menggunakan mobil baru, pastikan sudah mengetahui letak dari ban serepnya, ya.

    • Kendorkan Baut Ban

    Ketika ban dan peralatan lainnya sudah siap, mala cara berikutnya, yaitu Anda perlu mengendorkan baut ban. Baut ini biasanya berada di bagian velg, Jadi Anda perlu membukanya dengan bantuan kunci roda.

    • Pasang Dongkrak

    Apabila sudah, Anda bisa mulai memasang dongkrak. Pasanglah dongkrak tepat di samping bagian ban yang hendak diganti. 

    dongkrak

    Agar aman, Anda juga perlu memastikan bahwa dongkrak terpasang di bagian yang kokoh. Apabila sudah yakin, Anda bisa mulai mengangkat ban dengan bantuan dongkrak tersebut.

    • Buka dan Lepaskan Baut Ban

    Ketika ban sudah dalam posisi terangkat, Anda dapat membuka dan melepaskan baut pada bagian ban tersebut. 

    Dalam cara ganti ban serep, khususnya proses pelepasan baut ini, pastikan Anda menyimpan baut di tempat yang aman. Pasalnya jika baut hilang nantinya ban serep jadi tidak dapat terpasang dengan sempurna. 

    Begitu baut sudah terlepas semua, Anda bisa melepaskan juga roda yang perlu diganti tersebut.

    • Pasang Ban Serep dan Pastikan Baut Sudah Terpasang

    Langkah selanjutnya pada tahapan mengganti ban serep yang benar, yaitu mulai pemasangan ban serep. Pastikan Anda memasang ban serep di posisi yang tepat. Apabila dirasa sudah pas, pasanglah baut-baut yang tadi sudah dilepas dari ban sebelumnya.

    • Lepas Dongkrak

    Pada tahapan terakhir, Anda bisa menurunkan ban dan juga dongkrak hingga kondisinya kembali menyentuh tanah atau jalan.

    Lanjutkan dengan mengencangkan baut yang tadi sudah dipasang. Manfaatkan kunci roda agar baut terpasang dengan kencang. Jika sudah, lepaskan dongkrak dan rapikan peralatan yang digunakan sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

    Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan apabila mengalami kondisi darurat yang mengharuskan Anda mengganti ban serep sendiri.

    Meski tidak ada yang bisa menjamin apapun yang terjadi saat berkendara di jalan, namun Anda bisa meminimalisir hal-hal buruk dengan selalu merawat kondisi mobil beserta seluruh komponen-komponennya.