Berita

    Ini Pentingnya Merawat dan Melumasi Engsel Pintu Mobil

    Engsel pintu mobil menjadi komponen yang krusial agar Anda bisa berkendara dengan nyaman. Sebab, fungsi pintu mobil bergantung pada kondisi engsel. Sehingga, engsel yang macet akan menjadi penghambat pintu terbuka dengan lancar.

    Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan serta pelumasan engsel pada pintu mobil agar pintunya lebih mudah dibuka dan ditutup. Simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui pentingnya merawat engsel dan cara melumasi engsel pada pintu mobil!

    4 Alasan Penting Perawatan Engsel Pintu Mobil 

    merawat pintu mobil

    Freepik.com

    Terdapat berbagai alasan mengapa perawatan engsel pada pintu mobil penting Anda lakukan, yaitu:

    • Mencegah Debu dan Kotoran Menumpuk

    Engsel yang dirawat dan dilumasi akan terhindar dari penumpukan oleh debu serta kotoran. Apabila terjadi penumpukan pada kunci maupun komponen engsel lain, maka mekanisme penguncian pun terhambat.

    • Menghindari Engsel Cepat Aus

    Ketika engsel pintu tidak Anda lumasi, maka komponennya akan menjadi kering dan rentan aus. Ini juga bisa membuat gesekan berlebih pada sistem kunci pintu mobil. 

    Jadi, penting untuk merawat dan melumasi engsel secara berkala agar tidak cepat aus dan umur engsel lebih panjang.

    • Mencegah Muncul Suara Berdecit

    Bunyi berdecit pada engsel yang kering dan tidak terawat akan mengganggu ketika Anda membuka-tutup pintu. Itulah mengapa, Anda perlu mengaplikasikan pelumas pada engsel agar tidak muncul suara berdecit karena sudah tidak macet dan lebih mulus.

    • Menjaga Pintu agar Bergerak dengan Mulus

    Satu lagi alasan penting mengapa perlu merawat engsel pintu, yaitu agar sistem penguncian mobil selalu berfungsi dengan lancar dan aktif. 

    Apabila tidak rutin merawat dan melumasi engsel, maka risiko yang harus Anda hadapi adalah pintu macet serta gerakan engsel yang tidak mulus.