Berita

    9 Sensor pada Mobil dan Perbedaannya

    Sensor mobil memiliki dampak yang signifikan pada kinerja dan keamanan kendaraan Anda.  Mereka bekerja tanpa henti untuk memastikan bahwa mesin, sistem bahan bakar, dan berbagai komponen lainnya berfungsi pada puncak efisiensi.

    Tanpa keberadaan sensor ini, mobil bisa saja mengalami berbagai masalah teknis, mulai dari konsumsi bahan bakar yang tidak efisien hingga kerusakan pada bagian mesin. Maka dari itu, penting untuk memahami setiap macam jenis sensor yang ada!

    9 Macam Sensor Mobil dan Perbedaannya

    Ada sembilan jenis sensor pada mobil yang penting dalam menjaga kinerja mobil Anda. Apa saja itu? Berikut merupakan masing-masing penjelasannya:

    1. Mass Air Flow Sensor

    Mass Air Flow Sensor (MAF) memiliki tugas yang sangat krusial, yaitu mengukur volume dan massa udara yang masuk ke mesin melalui intake manifold

    Informasi ini digunakan oleh komputer mobil untuk menentukan jumlah bahan bakar yang harus disuntikkan ke dalam mesin. 

    Jika sensor ini mengalami masalah, Anda mungkin akan mengalami penurunan performa mesin dan konsumsi bahan bakar yang tidak efisien.

    2. Manifold Absolute Pressure Sensor

    Manifold Absolute Pressure Sensor (MAP) berfungsi untuk mengukur tekanan udara di dalam intake manifold. Tekanan ini dibutuhkan saat proses pembakaran dalam mesin. 

    Jika tekanan terlalu tinggi atau terlalu rendah, mesin Anda bisa mengalami masalah seperti kehilangan tenaga atau bahkan kerusakan.

    3. Intake Air Temperature Sensor

    Intake Air Temperature Sensor (IAT) mengukur suhu udara yang masuk ke mesin. Suhu ini mempengaruhi kepadatan udara dan proses pembakaran bahan bakar dalam mesin.

    Suhu udara yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan mesin bekerja tidak efisien dan meningkatkan emisi gas buang.

    4. Throttle Position Sensor

    Throttle Position Sensor (TPS) mengukur sudut bukaan katup gas. Informasi ini dibutuhkan untuk mobil dengan sistem Electronic Fuel Injection.

    Soalnya, data dari sensor mobil ini digunakan untuk menentukan jumlah bahan bakar yang perlu disuntikkan ke mesin, terutama saat akselerasi atau deselerasi.

    Anda akan merasakan penurunan performa mesin mobil dan respons yang lambat saat menginjak pedal gas jika sensor TPS rusak.

    5. Camshaft Position Sensor

    Camshaft Position Sensor (CMP) berada di kepala silinder dan berfungsi untuk mengetahui posisi atas dari silinder. Sensor ini sangat vital dalam mengatur waktu pengapian dan urutan injeksi bahan bakar. 

    Jika sensor ini bermasalah, mesin bisa mati mendadak atau bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

    6. Crankshaft Position Sensor

    Crankshaft Position Sensor (CKP) berfungsi untuk mengetahui kecepatan mesin (RPM). Sensor ini terletak dekat blok mesin dan sangat penting untuk sistem pengapian dan injeksi bahan bakar. 

    Sama seperti sensor CMP, mesin bisa mati secara tiba-tiba atau bahkan tidak bisa dihidupkan kalau sensor ini rusak.

    7. Knock Sensor

    Knock Sensor berfungsi untuk mendeteksi adanya detonasi atau 'knocking' dalam mesin. Sensor ini menghasilkan tegangan saat mendeteksi getaran yang tidak normal yang kemudian digunakan oleh komputer mobil untuk mengatur waktu pengapian. 

    Jika sensor mobil ini rusak, mesin bisa mengalami kerusakan serius karena detonasi yang tidak terkontrol.

    8. Water Temperature Sensor

    Water Temperature Sensor (WTS) berfungsi untuk mengukur suhu air pendingin mesin mobil. Pasalnya, suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan mesin menjadi overheat atau bekerja tidak efisien.

    9. Refrigerant Pressure Sensor

    Refrigerant Pressure Sensor memantau tekanan zat pendingin dalam sistem AC mobil yang berada dalam pipa bertekanan tinggi. 

    Fungsi utamanya adalah untuk mengetahui seberapa banyak refrigeran yang ada dan bagaimana kondisi kerja dari kompresor berdasarkan tekanan refrigeran tersebut.Selain itu, sensor ini juga memastikan sistem pendingin udara beroperasi dengan efisien.

    Itulah sembilan jenis sensor mobil yang membuat kendaraan Anda berfungsi dengan optimal. Ingin tahu lebih banyak informasi tentang perawatan mobil dan komponen lainnya?

    Kunjungi suzukiarista.com sekarang juga! Temukan berbagai tips dan trik menarik untuk menjaga mobil Anda tetap dalam kondisi terbaik!