Berita

    Efek Samping Jika Terlalu Lama Bekerja didepan Komputer

    Bekerja didepan komputer mungkin terdengar seperti pekerjaan paling santai di dunia, tetapi justru sebaliknya. Ini sangat berat bagi tubuh yang tidak terbiasa dengan jenis pekerjaan modern ini.

    Seharian menghadap komputer selama berjam-jam tanpa ada jeda juga bisa membahayakan kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, bila terlalu lama duduk dapat mengakibatkan sakit pada punggung serta mempengaruhi sirkulasi darah secara negatif. Akibatnya, bisa meningkatkan penyakit kardiovaskular. 

    Penggunaan keyboard dan mouse secara berlebihan dapat menyebabkan kekakuan otot-otot di tangan, lengan, dan leher, serta peradangan dan cedera. Menatap layar terang terlalu lama dapat menyebabkan mata kering dan sakit kepala. Akhirnya, pekerjaan komputer dapat membuat stres, mengisolasi, dan menyebabkan depresi dan kecemasan. 

    Dengan kata lain, bekerja didepan komputer bisa menjadi pekerjaan yang tidak sehat, tidak seperti yang kamu bayangkan selama ini. Ingin tahu bahaya bekerja terlalu lama didepan komputer lebih lengkap? Simak ulasannya. 

            1. Bisa menimbulkan stres dan berat badan naik

    Bekerja di depan laptop berarti kamu harus duduk selama berjam-jam dengan tangan sibuk di atas keyboard dan mouse. Aktivitas ini dapat mempengaruhi sirkulasi darah, punggung mengalami stres yang terus-menerus, bahkan kamu akan lebih cenderung minum dan makan hal-hal yang tidak baik untuk kesehatan. 

    Efek lainnya, kamu akan kurang melakukan aktivitas yang membakar kalori, bahkan nafsu makan akan cenderung meningkat secara drastis. Akibatnya, duduk yang lama ini akan berkontribusi pada sejumlah kondisi, seperti kenaikan berat badan, diabetes, penyakit jantung, dan kanker. 

    Cara mengatasinya: 

    • Sering-sering beristirahat, minimal 5 menit per jam.
    • Berjalan-jalan dan lakukan peregangan selama istirahat.
    • Dapatkan meja berdiri dan habiskan sebagian hari untuk bekerja sambil berdiri tegak.
    • Berolahraga sebelum atau sesudah bekerja.

            2. Postur buruk dapat menyebabkan rasa sakit

    Aktivitas sehari-hari dapat berdampak pada kesehatan tubuh dan pembentukan otot, sebab  dapat berefek untuk mengencangkan atau membuat otot menjadi lemah. 

    Namun, bila kamu terus bekerja didepan komputer dalam waktu lama dalam keadaan postur duduk yang buruk, rasa sakit akan timbul. Terutama nyeri di bagian punggung, leher, dan bahu. Tidak jarang, kamu merasakan kepala yang tegang dan berakibat sakit.