Berita

    Featured Image

    Kebiasaan Ini Menyebabkan Karet Pintu Mobil Mengeras

    Ada beberapa kondisi yang bisa memicu karet pintu mobil mengeras dan jadi lebih sulit untuk dibuka. Sebagian besar penyebabnya justru berasal dari kebiasaan atau cara perawatan Anda sebagai pengguna mobil tersebut. 

    Sama halnya seperti komponen mobil yang lain, karet pintu mobil membutuhkan perlakuan yang tepat agar tidak mudah rusak. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk menghindari apa saja penyebab mengerasnya karet pintu yang ada pada mobil. 

    Kebiasaan Penyebab Karet Pintu Mobil Mengeras

    Karet yang mengeras tentu saja akan mengganggu fungsi pintu mobil Anda. Biasanya pintu mobil akan jadi sulit untuk dibuka dan ditutup. Jika dibiarkan begitu saja kerusakan akan jadi semakin parah dan merusak kenyamanan saat berkendara. 

    Demi menjaga performa mobil dan mendapat kenyamanan selama menggunakannya, pastikan Anda memberi perlakuan yang tepat. Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang perlu dihindari karena bisa memicu karet pintu mobil jadi berubah keras. 

    • Sering Parkir di Tempat Panas

    Kebiasaan pertama yang cukup sering disepelekan adalah parkir di tempat yang panas. Saat mobil sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama maka akan muncul beragam kerusakan. 

    Salah satu kerusakan yang bisa terjadi adalah kerusakan pada karet pintu mobil. Panas yang berlebihan akan membuat karet pintu mobil Anda jadi lebih mudah mengeras dan kelamaan akan rusak. 

    Biasanya bagian yang akan mengeras lebih cepat adalah karet yang ada di sekitar jendela mobil. Hal ini terjadi karena bagian tersebut lebih dulu terpapar sinar matahari dengan intensitas yang tinggi. 

    • Tidak Mengganti untuk Waktu Lama

    Kebiasaan lain yang perlu Anda hindari adalah menggunakan karet pintu mobil untuk jangka waktu yang sangat lama. Perlu diketahui bahwa karet pintu tersebut memiliki usia pakai. 

    Semakin lama jangka waktu pemakaian karet pada pintu mobil maka risiko kerusakannya juga akan semakin besar. Jika sudah usang, tentu sangat penting bagi Anda untuk segera mengganti karet pintu mobil agar kembali berfungsi normal. 

    • Membiarkan Mobil Terpapar Cuaca Ekstrem

    Membiarkan mobil Anda terbiasa terpapar di cuaca yang ekstrem juga akan mempercepat kerusakan karet pintu mobil. Cuaca ekstrem yang dimaksud di sini bukan hanya panas namun juga dingin. 

    Membiarkan Mobil Terpapar Cuaca Ekstrem

    Udara yang terlalu dingin ternyata juga bisa membuat karet pintu mobil mengeras. Sebaiknya Anda melindungi mobil dari paparan suhu ekstrem dengan cara membiasakan diri parkir di area indoor

    Sebaiknya kendali seperti apa cuaca atau suhu di lingkungan Anda tinggal. Jika memang cuacanya cukup ekstrem maka sebisa mungkin pastikan mobil terparkir di area indoor untuk mendapat perlindungan yang optimal. 

    • Tidak Merawat dengan Benar

    Perawatan karet pintu mobil seringkali dilupakan oleh para pengguna. Biasanya para pengguna mobil lebih banyak fokus pada kondisi mesin dan perawatan bodi. Bagian karet pintu akan diabaikan begitu saja karena dianggap tidak begitu penting. 

    Padahal bagian karet pintu pada mobil membutuhkan perawatan yang tepat agar masa pakainya bisa lama. Salah satu cara untuk merawatnya adalah dengan mengaplikasikan cairan pembersih atau pelumas khusus pada bagian karet. 

    Cairan tersebut diaplikasikan untuk menjaga fungsi karet pada pintu mobil Anda. Pelumas ini akan mempertahankan elastisitas dan membuat karet pintu mobil jadi bisa lebih lama digunakan.