Berita

    Featured Image

    Wajib Tahu! Penyebab Pentil Ban Mobil Rusak

    Kejadian ini, mungkin sering tidak Anda sadari. Tetapi jika dibiarkan dalam waktu lama, ini bisa menimbulkan masalah yang cukup serius. Maka dari itu, ketahui apa penyebab pentil ban mobil rusak!

    Seperti yang diketahui, pentil ban merupakan komponen kecil yang terdapat dalam sistem ban suatu kendaraan untuk mengontrol tekanan udara pada ban. Maka dari itu jika terjadi kerusakan pada komponen tersebut, tentu bisa mempengaruhi performa ban saat berkendara.

    Penyebab Pentil Ban Mobil Rusak

    Beberapa penyebab kerusakan pada pentil ban bisa terjadi yang berakibat munculnya masalah pada ban mobil Anda. Berikut beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui:

    • Usia Pemakaian

    Kerusakan pada pentil ban umumnya dikarenakan lamanya umur pemakaian. Semakin lama penggunaan komponen tersebut, maka semakin tinggi pula risiko kerusakan akan terjadi.

    Rata-rata usia pemakaian pentil ban bisa bertahan sekitar 4 hingga 5 tahun. Namun, jika jenis katup yang dimiliki terbuat dari logam dan ring karet anti bocor bisa bertahan lebih lama hingga 8 tahun.

    • Kesalahan Pemasangan

    Penyebab pentil ban mobil rusak lainnya juga bisa terjadi karena pemasangan yang tidak sesuai atau asal-asalan. Kesalahan ini tentu bisa mengakibatkan adanya tekanan angin masuk secara berlebihan.

    • Korosi

    Faktor eksternal lainnya juga bisa menjadi salah satu penyebab seperti terkena percikan air. Selain itu, Paparan bahan kimia di sekitar juga bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan pentil ban.

    Akibatnya, komponen ini mengalami korosi dan membuat batang menjadi patah atau rusak. Hal ini bisa terjadi terutama jika batang pentil terbuat dari bahan logam sehingga secara perlahan rapuh dan retak.

    • Tekanan Udara Berlebihan

    Tekanan angin yang tinggi dan berlebihan rupanya juga bisa menyebabkan komponen lainnya bermasalah. Kerusakan ini seringkali terjadi terjadi yang menyebabkan bagian karet rusak dan pegas menjadi patah.

    Cara Mengatasi Pentil Ban Mobil Rusak

    cara mengatasi pentil ban rusakFreepik.com

    Bila Anda menemukan kondisi pentil ban rusak, sebaiknya segera melakukan penggantian dengan komponen yang baru. Meski spare part ini perlu diganti secara berkala, pastikan Anda memahami beberapa situasi untuk mengatasi pentil ban yang rusak.

    • Gunakan Pentil Baru saat Penggantian Ban 

    Mungkin Anda sedang dihadapkan dengan situasi untuk mengganti ban dan memasang ban baru. Pada kondisi ini, maka Anda bisa melakukan penggantian pentil ban dengan komponen baru.

    Jika katup terbuat dari karet, maka bisa dipotong dan diganti dengan pentil ban yang baru. Tetapi jika jenis katup adalah TPMS (Tyre Pressure Monitoring System) elektronik, maka seluruh katup tidak diganti dan hanya menjaga kekencangan udara.

    • Ganti Pentil Ban yang Keropos

    Kondisi pentil ban yang keropos terkadang tidak bisa dihindari karena bisa mengakibatkan tekanan udara pada ban hilang secara perlahan.

    Meski secara keseluruhan komponen ban masih dalam kondisi baik, namun pentil ban yang keropos akan menimbulkan masalah pada komponen lainnya.

    Oleh karena itu, segera lakukan pengecekan ban secara keseluruhan untuk mendeteksi komponen ban yang bermasalah. Jika Anda dihadapkan kondisi seperti itu, maka segera ganti pentil ban Anda.

    Demikian penjelasan terkait apa saja penyebab pentil ban mobil rusak yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui faktor penyebabnya, maka akan lebih mudah untuk mengatasi kerusakan pentil ban tersebut.