Berita

    Featured Image

    Memahami Bagian As Roda Mobil

    Lokasinya yang berada di bawah membuat as roda mobil luput dari pengawasan padahal memiliki peranan yang sangat krusial. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai pengendali untuk menjaga stabilitas dan kenyamanan berkendara.  

    Dalam sebuah as roda pada mobil terdapat beberapa komponen yang saling terhubung dan bekerjasama guna memastikan kinerja kendaraan tetap optimal. Lantas, apa saja komponen-komponen tersebut dan apa fungsinya? Berikut penjelasannya.  

    Mengenal Komponen As Roda Mobil dan Fungsinya

    Secara garis besar, as roda merupakan perangkat penghubung antara roda mobil dengan bagian suspensi. Melansir dari autofun.co.id, as roda pada mobil berfungsi sebagai mekanisme dalam proses pengereman kendaraan. 

    Selain itu, perangkat ini juga mengendalikan arah kendaraan melalui sistem kemudi dan setir pada mobil. Dengan kata lain, perangkat ini berguna untuk menyalurkan tenaga penggerak dari mesin mobil menuju ke roda. 

    Komponen As Roda MobilPexels.com

    Jadi, saat as berputar maka roda pun akan ikut bergulir dan membantu menggerakan kendaraan Anda. Berikut beberapa komponen yang ada pada as roda beserta fungsinya. 

    • Poros As Roda

    Komponen pertama adalah poros yang merupakan inti dari perangkat ini. Umumnya poros terbuat dari aluminium atau baja yang terkenal kuat dan tahan lama. Fungsi poros ini sebagai sumbu putar utama bagi roda kendaran. 

    • Bantalan As Roda

    Komponen kedua adalah bantalan as yang letaknya berada di dalam hub roda. Bantalan as roda ini memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara poros as roda dengan bagian lain yang bergerak di sekitarnya. 

    Bantalan as yang baik akan berfungsi secara optimal dan memastikan setiap gerakan mobil berjalan dengan lancar dan bebas dari aus yang berlebihan. 

    • Hub Roda

    Komponen ketiga adalah hub roda, merupakan perangkat yang membuat roda mobil terpasang dengan baik pada as roda. Hub ini terhubung dengan bantalan as dan berputar secara bersamaan dengan roda. 

    Jadi, bisa dikatakan bahwa fungsi hub roda adalah sebagai penghubung antara bagian roda mobil dengan sistem pengereman.  

    • Mur Roda

    Komponen keempat adalah mur roda yang berguna untuk memasang bagian roda pada as roda mobil. Perangkat ini terletak di ujung poros as roda yang berfungsi untuk mengencangkan roda agar terhubung dengan kuat dan aman pada as roda. 

    • CV Joint

    Komponen kelima disebut dengan Constant Velocity Joint (CV Joint) yang dipasang di bagian ujung poros as roda dan berfungsi untuk menghubungkan bagian transmisi ke roda mobil. 

    Perangkat ini juga berfungsi untuk menjaga transfer tenaga ke roda agar tetap konstan pada saat mobil melakukan manuver atau berbelok. 

    • Seal As Roda

    Komponen keenam adalah seal as roda yang berguna dalam mencegah adanya kebocoran pelumas dan masuknya berbagai kotoran ke bagian dalam bantalan as roda. 

    Dengan kata lain, seal sangat penting untuk menjaga kebersihan sekitar as roda sekaligus mempertahankan pelumas agar tetap berada di tempatnya. 

    • Pengunci Mur Roda

    Komponen terakhir pada as roda adalah pengunci mur atau dikenal dengan sebutan cakram pengunci. 

    Perangkat kecil ini berguna untuk memastikan mur tetap terkunci dan mencegah agar mur roda mobil tidak kendur atau terlepas pada saat kendaraan bergerak.  

    Itulah ketujuh komponen yang bisa ditemukan pada as roda kendaraan. Namun, tidak semua kendaraan memiliki komponen yang sama karena pemasangan jenis as roda disesuaikan dengan tipe suspensinya. 

    Dilansir dari kompas.com, setidaknya ada dua tipe suspensi yaitu tipe rigid yang sifatnya lebih kaku dan tipe independen yang sifatnya lebih fleksibel.