Berita

    Featured Image

    Cara Mengatasi Masalah Starter Mobil yang Lambat Menyala

    Starter mobil yang menyala dengan lambat atau bahkan tidak menyala sama sekali mengindikasikan masalah pada sistem kelistrikan mobil. Umumnya, aki mulai soak serta menurun kemampuannya seiring waktu. 

    Namun, masih banyak faktor lain yang menyebabkan starter tidak berfungsi normal. Mulai dari busi mobil yang kotor, dinamo starter rusak, hingga koil overheat. Maka dari itu, Anda wajib menyimak pembahasan berikut ini agar paham cara mengatasi masalah pada starter sesuai faktor pemicunya: 

    6 Cara Mengatasi Masalah Starter Mobil yang Lambat Menyala

    Demi mengembalikan fungsi starter saat menyalakan mobil, Anda bisa mencoba berbagai solusi yang efektif di bawah ini menyesuaikan dengan faktor yang melatarbelakanginya:

    • Memeriksa Kondisi Aki

    Mobil lambat distarter biasanya bersumber dari kondisi aki yang kurang prima. Mengingat aki adalah komponen krusial yang mendukung sistem kelistrikan mobil, sudah sepantasnya Anda memeriksa kondisi aki terlebih dahulu. 

    Lihat seberapa tinggi level air aki ketika Anda melakukan pemeriksaan. Bila level airnya rendah, maka mobil pun akan sulit untuk distarter. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan isi ulang air aki hingga batas maksimum level airnya.

    • Mengecek Fuel Pump

    Jika aki sudah diperiksa namun tidak membuahkan hasil, Anda bisa melanjutkan dengan mengecek bagaimana kondisi fuel pump. Pengecekan komponen ini tidak sulit. Cukup lihat indikator yang terdapat pada Multi Information Display (MID) di dashboard mobil. 

    Bila indikator ‘check engine’ di dekat indikator speedometer menyala, artinya kemungkinan besar terdapat gangguan perihal sistem injeksi untuk bahan bakar mobilnya. 

    Gangguan tersebut umumnya akibat penyumbatan karena kotoran seperti debu. Untuk itu, segera lakukan pembersihan fuel pump serta kalibrasi ulang sehingga performa fuel pump kembali normal lagi.

    • Mengontrol Sekring

    Berikutnya, Anda bisa mengecek sekring yang juga bisa membuat starter bermasalah. Ini mengingat komponen sekring saling terhubung ke sistem kelistrikan mobil.  Bila sekring mengalami gangguan, maka starter kemungkinan besar akan sulit menyala.

    Kontrol sekring dengan mencoba mengecek kutub positif serta kutub negatifnya. Lalu, lihat apakah terdapat kabel yang putus atau tidak. Jika ternyata kabel putus, maka ini menjadi diagnosis sementara penyebab starter mobil bermasalah.

    Untuk memperbaikinya, segera ke bengkel terdekat yang terpercaya. Jadi, Anda mendapatkan penanganan langsung dari teknisi ahli di bidangnya.  

    • Melakukan Pembersihan Karburator

    Karburator juga berpotensi menyebabkan starter lambat menyala. Khususnya pada mobil yang teknologinya masih menggunakan pengabut bahan bakar. Ini mengingat komponen karburator rentan mengalami penyumbatan kotoran. 

    Sumbatan tersebut juga rentan memicu penyumbatan pada aliran udara serta aliran bahan bakar yang sedang menuju fuel pump. 

    Bila aliran udara maupun bahan bakar mobil Anda terhambat, maka menghidupkan mobil pun jadi lebih sulit. Bahkan, mobil bisa saja berujung tidak bisa hidup. Itulah mengapa, Anda sebaiknya segera membersihkan bagian karburator hingga tidak tersisa sumbatan kotoran lagi.  

    • Memperbaiki Dinamo Starter

    Jangan lupa cek dinamo starter mobil bila mengalami masalah pada starter. Fungsi dari dinamo adalah sebagai penggerak flywheel yang terdapat di dapur pacu mobil. 

    Apabila komponen dinamo bermasalah, artinya flywheel tidak bergerak. Mobil pun berujung susah untuk dihidupkan. Anda harus menuju bengkel terdekat agar mendapatkan tindakan perbaikan langsung dari ahlinya. 

    • Mengawasi Suhu Koil dengan Rutin

    Terakhir, awasi suhu koil secara rutin. Apabila suhu menjadi terlalu panas, maka Anda akan mendapati mesin mobil sulit dihidupkan. Tetapi, jika mobil bisa hidup dan tidak bisa bergerak, maka sebaiknya ganti koil dengan versi yang baru.