Berita

    Featured Image

    Memahami Fungsi Defogger dan Cara Merawatnya

    Defogger adalah garis melintang berwarna kecoklatan yang bisa ditemukan di kaca mobil. Komponen ini memiliki fungsi yang cukup krusial, terutama jika berkendara menerobos  hujan yang lebat. 

    Sebab, keberadaannya bisa membuat visibilitas Anda tetap terjaga meski kaca mobil diterpa oleh air hujan. Sebenarnya, apa fungsi dari defogger dan bagaimana cara merawatnya? Berikut ulasannya.  

    Definisi dan Fungsi Defogger Adalah?

    Pada mobil keluaran terbaru banyak yang telah dilengkapi dengan alat ini. Meskipun demikian, ternyata masih ada pengemudi yang tidak memahami fungsi dari defogger

    Bahkan, ada pula yang tidak mengetahui di mana letak tombol serta kapan waktu yang paling tepat untuk mengaktifkannya. Sebagai informasi, definisi dari defogger adalah sebuah alat berupa kawat tipis yang melekat secara melintang di kaca mobil. 

    Sedangkan fungsi dari komponen ini adalah menjaga suhu kaca mobil agar embun tidak muncul dan menempel ketika sedang hujan tanpa perlu menyalakan AC. Itu sebabnya, defogger dikenal juga dengan sebutan alat penangkal embun. 

    Sebagai gambaran, perhatikan saat berkendara di tengah hujan lebat dalam kondisi tidak menyalakan AC. Anda akan menemukan kaca mobil akan terlihat buram karena tertutup oleh embun. 

    Jika dibiarkan, tentunya akan membuat jarak pandang menjadi terganggu. Namun, embun akan berkurang jika Anda menyalakan AC mobil. Berbeda halnya jika mobil telah dilengkapi dengan defogger. Kaca mobil akan bebas dari embun meski tanpa menyalakan AC. 

    Dengan kata lain, keberadaan fitur defogger akan membuat jarak pandang pengemudi saat hendak melihat kondisi di depan dan belakang kendaraan tetap maksimal meski kondisi hujan lebat.

    Tips Merawat Defogger 

    Sebagai pengemudi, Anda perlu memahami bahwa defogger adalah salah satu fitur yang fungsinya sangat penting bagi visibilitas saat berkendara. Anda bisa menjaga performanya tetap optimal dengan cara melakukan rangkaian perawatan berikut ini. 

    • Aktifkan sesuai Kebutuhan

    Sebaiknya, gunakan fitur defogger hanya pada saat membutuhkannya saja, misalnya saat berkendara di tengah hujan lebat. Jika embun atau kaca terlihat berkabut, baik di kaca depan maupun belakang, barulah fitur tersebut Anda aktifkan. 

    Apabila hujan telah reda dan embun sudah menghilang, segera nonaktifkan fitur ini. Sedangkan jika berkendara saat hujan tapi embun tidak muncul, sebaiknya tidak perlu mengaktifkan defogger

    • Perhatikan Konektornya

    Selain mengetahui waktu terbaik untuk mengaktifkan defogger, Anda juga harus memperhatikan bagian soket atau konektor alat ini. Pasalnya, soket ini posisinya berdiri sehingga rawan untuk tersenggol.

    Jika tidak hati-hati dan menyenggol bagian ini saat mengelap kaca mobil, maka ada kemungkinan defogger tidak akan menyala. Meskipun jarang terjadi, tidak ada salahnya jika selalu berhati-hati setiap kali mengelap kaca mobil. 

    Sesekali, bukalah konektor defogger dengan hati-hati untuk memastikan kondisinya. Usahakan timah pada konektor tidak terlepas saat Anda membuka konektor tersebut.   

    • Berhati-hati saat Membersihkan Defogger

    Cara membersihkan alat ini sebenarnya cukup mudah, yaitu hanya dengan mengusapnya secara perlahan. 

    Saat melakukan ini, hindari penggunaan kain lap dengan tekstur yang kasar, terutama jika digunakan pada kaca bagian belakang kendaraan yang tidak menggunakan kaca film. 

    Anda bisa menggunakan kain katun, lap kanebo, atau kain bertekstur halus saat mengelap kaca mobil bagian belakang. 

    • Berhati-hati Saat Mengganti Kaca Film

    Biasanya, fungsi kaca film akan semakin berkurang seiring usia pakainya, yaitu antara 3-5 tahun. 

    Jika berencana mengganti kaca film, pastikan selama proses berlangsung tidak akan membuat defogger rusak. Ini ditandai dengan munculnya perbedaan warna saat diaktifkan. 

    Rusaknya fitur penangkal embun ini bisa terjadi akibat pemasangan konektor yang kurang tepat atau karena ada jalur yang putus. Untuk memastikan kondisi fitur ini, Anda bisa mengeceknya menggunakan multitester.

    Itulah informasi seputar alat penangkal embun pada mobil yang perlu dipahami. Pada dasarnya, defogger adalah alat untuk menghalau embun yang bisa membuat visibilitas tetap terjaga saat berkendara di segala cuaca apabila mendapatkan perawatan yang tepat.