Berita

    Ketahui Jarak Ideal Lampu Sorot Mobil

    Jarak ideal sorot lampu mobil menjadi salah satu hal penting dan harus diketahui oleh pemilik kendaraan. Dengan mengetahui jarak ideal sorot lampu kendaraan, keamanan berkendara dapat terjaga dengan baik. 

    Pada dasarnya, jarak lampu sorot ini bisa diatur sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan selama berkendara. Cara pengaturannya dapat dilakukan dengan sejumlah cara. Karena, ketika mobil dikendarai. Lampu sorot jauh yang terlalu tinggi bisa menyebabkan pengemudi silau, dan menutup pandangan mereka. 

    Agar dapat mencegah hal tersebut terjadi, oleh sebab itu ketahui jarak ideal dari sorot lampu kendaraan. 

    Jarak Ideal Sorot Lampu Mobil

    Sebenarnya, jarak ideal dari lampu mobil yang tidak akan mengganggu pandangan dari pengendara ketika mengemudi di jalan raya adalah, sekitar 40 meter kea rah depan. Ukuran ini untuk lampu mobil utama di lampu utama dekat. 

    Bagaimana untuk lampu jauh? sedangkan, untuk lampu utama jauh, jarak ideal sorot lampu mobil adalah 100 meter di arah depan. seluruh ketentuan tersebut bukan didasari dengan perkiraan saja, tetapi sudah ditulis di dalam Peraturan pemerintah 55 Tahun 2015 mengenai kendaraan. 

    Lampu depan mobil memiliki fungsi menerangi bagian bawah jalan yang akan pengendara lalui, sedangkan lampu jauh mempunyai fungsi menerangi bagian tengah jalanan. 

    Langkah Menyetel Lampu Jauh Dekat

    Setelah mengetahui jarak ideal sorot lampu mobil, hal lain yang harus diketahui adalah langkah untuk menyetel lampu mobil. berikut langkah yang dapat dilakukan untuk menyetel lampu mobil:

            1. Parkirkan Kendaraan di Jalanan yang Rata

    Sebelum memodifikasi lampu atau menyetel lampu mobil, pastikan untuk memarkirkan kendaraan terlebih dahulu  di area yang rata dan di malam hari. Selain itu, pastikan Anda mengeluarkan berbagai barang yang ada di dalam bagasi. 

    Mengapa hal tersebut harus dilakukan? Tujuannya adalah agar nantinya beban berat yang berada di dalam mobil bisa berkurang dan kendaraan ada di tekanan yang ideal untuk dilakukan pengukuran. 

            2. Parkirkan Menghadap ke Tembok

    Agar mengetahui posisi lampu LED yang tepat, Anda harus memarkirkan mobil dengan menghadap ke tembok dan memiliki jarak 3 sampai 4.6 meter di bagian depan.

            3. Nyalakan Lampu Depan

    Setelah sudah menemukan posisi lampu yang tepat, lakukan pengecekan dengan menyalakan lampu di bagian depan. hindari mengaktifkan lampu kabut, kemudian lihat dengan seksama arah cahaya dua lampu depan kendaraan.