Berita

    Simak Gejala PCV Valve Rusak pada Mobil

    Perlu Anda ketahui, PCV valve merupakan suatu komponen mobil yang terlibat dalam sistem pembakaran. Tentunya, komponen satu ini mempunyai fungsi primer yakni sebagai penyalur gas hasil pembakaran menuju ruang bakar kembali. 

    Hal tersebut bertujuan supaya gas bisa dibakar kembali, dengan demikian polusi udara dapat ditekan. Artikel satu ini akan membahas tentang gejala kerusakan pada komponen satu ini, maka sebaiknya jangan lewatkan informasinya!

    Pengertian PCV Valve

    Proses pembakaran yang berlangsung di dalam ruang bakar bisa memproduksi gas buang atau emisi. Exhaust valve adalah komponen yang bertugas mengeluarkan gas tersebut, akan tetapi tidaklah secara menyeluruh. 

    Jadi, sejumlah gas sisa yang lain atau yang dijuluki sebagai blow by gas dapat menyelinap memasuki ruangan blok mesin. Agar tidak memberi tekanan berlebih dalam blok mesin, blow by gas selanjutnya dikeluarkan ke udara bebas. 

    Dampak buruknya, polutan asal blow by gas tersebut lumayan tinggi sebab kandungan hidrokarbon yang gagal terbakar terbilang tinggi. Tidak cuma itu, ada pula kandungan uap oli yang termasuk golongan berbahaya dan beracun. 

    Maka dari itu, diciptakanlah positive crankcase ventilation atau disingkat sebagai PCV. Komponen PCV valve tersebut yang mampu menyalurkan lagi blow by gas menuju intake ruang bakar, sehingga dapat dibakar seperti sedia kala. 

    Bagaimanakah Cara Kerjanya?

    PCV adalah bagian yang mengkoneksikan saluran isap dengan kepala silinder. Jika menilik dari sistem atau cara kerjanya, komponen satu ini serupa dengan 1 arah. Hanya saja hasil aliran dapat berubah menyesuaikan tingkat vakum asal intake. Berikut yakni cara kerjanya.

    • Ketika Mesin Backfiring atau Mati

    Ketika mesin mobil dalam kondisi ini, tentunya plunger PCV berada dalam bagian bawah serta menutup sirkulasi udara. Lalu, hal serupa pun berlangsung saat mesin dalam keadaan backfiring. Intake mengeluarkan tekanan jadi PCV valve tertutup. 

    • Ketika Mesin Deselerasi atau Stasioner

    Saat mesin dalam keadaan ini, pastinya vakum intake bisa menarik plunger PCV agar bisa terbuka. Nah, posisi yang tengah terbuka itulah menciptakan aliran blow by gas ke intake asal ruang mesin.

    • Ketika Mesin Berjalan Normal