Berita

    Ketahui Jenis Dongkrak Mobil serta Cara Menggunakannya

    Dongkrak mobil menjadi alat penting yang mesti dimiliki pengguna kendaraan roda empat. Karena alat ini akan sangat dibutuhkan saat Anda perlu mengganti ban mobil dengan ban serep. Atau saat Anda perlu mengecek kondisi bawah mobil.

    Dongkrak akan mempermudah pekerjaan Anda dengan mengangkat sedikit bagian mobil. Pastikan dongkrak selalu tersedia di mobil untuk kondisi darurat. Lantas jenis dongkrak seperti apa yang bagus?

    Karena dongkrak untuk mobil ternyata terdiri dari beberapa jenis. Masing-masing memiliki bentuk, cara kerja, dan keunggulan yang berbeda. 

    Jenis- Jenis Dongkrak Mobil

    Secara garis besar dongkrak terbagi menjadi dua jenis yaitu dongkrak mekanik dan dongkrak hidrolik. Perbedaannya ada pada gaya yang diberikan dan sistem kerja dongkrak. Pada dongkrak mekanik tumpuan ada di bagian roda gigi dan batang. 

    Cara kerja dari dongkrak mekanik yaitu saat pengguna memutar roda gigi sampai menekan bagian batang. Maka gaya tekan akan diubah menjadi gaya angkat. 

    Sedangkan pada dongkrak jenis hidrolik, tumpuan untuk mengangkat beban memanfaatkan cairan fluida. 

    Jika melihat dari bentuk atau tampilan dongkrak, alat angkat ini terdiri dari beberapa model. Namun cara kerjanya tetap sama ada yang secara mekanik dan ada pula yang hidrolik. Berikut ini jenis-jenis dongkrak mobil:

    • Dongkrak Gunting

    Dongkrak gunting atau disebut juga dongkrak jembatan merupakan jenis yang cukup umum kita lihat. Sering jadi dongkrak yang disertakan saat membeli mobil baru. 

    Bentuknya cukup mungil, cocok untuk dibawa saat berpergian menggunakan mobil pribadi. Dongkrak gunting memang lebih tepat untuk pemilik mobil kecil  dengan bobot kurang dari 2 ton. 

    Cara menggunakan dongkrak gunting yaitu, letakkan alat pada posisi yang aman. Kemudian batang tuas yang berfungsi menjadi pengungkit dipasang pada tepi dongkrak. 

    Lalu putar tuas ke kanan atau searah jarum jam untuk mengangkat mobil. Jika ingin menurunkan mobil putar tuas ke arah sebaliknya. 

    • Dongkrak Buaya

    Disebut  dongkrak buaya karena alat ini memiliki bentuk mirip kepala buaya. Ukurannya lebih besar dan memanfaatkan tenaga hidrolik supaya bisa mengangkat mobil. 

    Cara menggunakan dongkrak buaya lebih mudah dan enak untuk dipindahkan karena dilengkapi roda. Selain itu kelebih dari dongkrak ini yaitu bisa dipakai meski permukaan jalan tidak rata atau agak miring.