Berita

    Inilah Cara Mencari Uang Tambahan untuk Karyawan

    Ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa kamu ingin mencari uang tambahan. Bisa karena tuntutan kebutuhan sehari-hari, banyak tagihan yang harus dibayar, atau ingin memiliki simpanan lebih untuk masa depan. 

    Apapun alasannya, kamu bisa menghilangkan sebagian dari tekanan finansial itu dengan memperoleh penghasilan tambahan, bahkan jika kamu sudah memiliki pekerjaan full time. Inilah cara memulainya.

            1. Memulai bisnis di bidang jasa yang dikuasai

    Kamu bisa mulai dengan menjalankan bisnis di bidang jasa meskipun tanpa jaringan besar dan hanya memanfaatkan jaringan online

    Agar bisnis dapat berkembang, pertama kamu beri tahu orang-orang dalam lingkunganmu tentang bisnis yang kamu tawarkan dan minta mereka untuk menyebarkannya. 

    Bisa juga dengan meminta mereka menjadi pelanggan pertama dan memberi review yang baik jika target market adalah masyarakat umum. Misal: bisnis di bidang jasa katering makanan, menulis konten, desain, atau bahkan jasa pemasaran online

            2. Menjadi pengasuh hewan peliharaan 

    Jika kamu seorang pecinta hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, memelihara mereka bisa menjadi cara ideal untuk mencari  uang tambahan. 

    Kamu bisa mulai dengan menjadi pengasuh hewan peliharaan lepas dengan jam kerja yang fleksibel. Layanan yang kamu tawarkan bisa datang ke rumah klien untuk mengasuh hewan kesayangan mereka atau mereka menitipkannya di rumah kamu. 

    Untuk di awal, kamu bisa menawarkan jasa ini ke anggota keluarga, tetangga, atau teman yang mempunyai hewan peliharaan. Beri diskon agar lebih menarik dan minta mereka memberi review yang positif. 

            3. Jualan mulai dari barang bekas yang masih layak pakai

    Hanya dengan perangkat ponsel pintar, kamu bisa membuka usaha tanpa harus mengurus perizinan terlebih dahulu. Cukup membuat planning, menyediakan barang, dan mendaftarkan akun jualan ke marketplace

    Bila bingung ingin menjual apa, kamu bisa mulai dengan menjual barang bekas yang dimiliki di rumah. Tentu yang masih layak pakai. Misal: kamu bisa menyortir rak buku dan menjual beberapa untuk mendapatkan uang tambahan. Menjual sepatu pun bisa jadi ide lainnya. 

            4. Dapatkan beberapa pekerjaan kecil di situs-situs freelance