Berita

    Mengenal Fungsi Central Lock Mobil

    Sistem central lock sudah banyak diterapkan untuk berbagai jenis mobil modern yang beredar di pasaran saat ini.  Ini adalah sistem yang memungkinkan Anda mengunci semua pintu mobil dalam waktu yang bersamaan.

    Sistem ini disebut juga sebagai sistem kunci otomatis. Sebelumnya, Anda perlu memakai kunci manual untuk menutup masing-masing pintu. Dengan sistem otomatis ini, maka Anda bisa melakukannya hanya dengan menekan satu tombol.

    Fungsi Central Lock

    Terdapat berbagai fungsi keamanan dan kenyamanan yang penting dari sistem otomatis ini. Berikut adalah fungsi-fungsi yang dapat menemani berbagai jenis perjalanan Anda.

    • Dapat Mengunci dan Membuka Kunci secara Bersamaan

    Seperti yang sudah dibahas sejak awal, ini merupakan sistem keamanan yang dapat mengunci atau membuka semua pintu mobil dalam satu waktu atau secara bersamaan.

    Hanya dengan menekan sebuah tombol, Anda bisa mengunci semua pintu. Tidak perlu lagi mengecek satu per satu pintu mobil.

    Selanjutnya, jika akan membuka kunci, Anda juga hanya perlu menekan satu tombol. Semua kunci akan terbuka ketika Anda sudah menekan tombol sistem ini.

    Istockphoto.com
    • Meningkatkan Keamanan Pengguna dan Barang Bawaan

    Sebelum ada sistem ini, Anda harus melakukan pengecekan untuk memastikan setiap pintu terkunci rapat. Selanjutnya, Anda baru bisa meninggalkan mobil dengan tenang dan merasa aman.

    Namun, tetap saja ada kemungkinan Anda lupa mengecek salah satu atau beberapa pintu. Dampaknya, pintu tersebut bisa saja Anda tinggalkan dalam kondisi belum terkunci.

    Demikian juga ketika sedang dalam perjalanan. Bisa saja, masih ada pintu yang belum terkunci karena lupa atau terburu-buru. Hal ini tentunya bisa berbahaya untuk keselamatan pengemudi ataupun penumpang mobil.

    Dengan adanya sistem central lock, maka Anda tidak perlu khawatir akan hal-hal tersebut. Hanya dengan menekan satu tombol, maka Anda sudah bisa memastikan semuanya terkunci dengan baik.

    Keamanan semua pengguna mobil serta barang bawaannya akan menjadi lebih terjaga. Tidak ada lagi salah satu pintu yang lupa dan tidak terkunci.

    • Meminimalisir Terjadinya Tindak Pencurian

    Masih berkaitan dengan fungsi sebelumnya, sistem ini dapat meminimalisir terjadi tindak pencurian.