Berita

    Perhatikan Tips Cara Mengemudi Mobil di Jalan Berlubang atau Rusak

    Seringkali dijumpai jalan yang berlubang atau rusak di sejumlah wilayah. Penyebabnya selain cuaca yang tak menentu, juga padatnya kendaraan hingga melebihi kekuatan jalan. Untuk itu, penting mengetahui cara mengemudi mobil di jalan berlubang. 

    Sebab apabila tidak hati-hati, bisa menyebabkan kecelakaan. Hal lain yang tak disadari adalah kerusakan pada beberapa komponen mobil.

    Tips Mengemudi Mobil di Jalan Berlubang

    Kemampuan mengemudi juga harus diiringi trik untuk berkendara di jalan rusak. Seperti tips di bawah ini:

            1. Kontrol Kecepatan

    Apabila menjumpai jalan rusak, berlubang atau bergelombang, segera kurangi kecepatan mobil. Hal ini untuk menghindari adanya benturan antara ban, bumper atau velg dengan bebatuan atau aspal jalan.

    Selain itu, mengurangi laju kendaraan juga bisa meminimalisir guncangan. Sehingga komponen mobil dan penumpang mobil lebih aman.

    Apabila Anda memacu kendaraan dengan kencang, peluang untuk melakukan pengereman dengan kuat juga tinggi. Padahal apabila rem terlalu kuat, bisa memicu benturan yang keras dengan lubang jalan, atau bahkan pengendara lain.

            2. Perhatikan Tingkat Kerusakan

    Ada jalan dengan kerusakan tak terlalu parah, namun tak sedikit juga yang parah. Apabila sudah terlalu parah, maka perhatikan kedalaman lubangnya. 

    Sebisa mungkin, hindari lubang yang terlalu dalam, dengan bermanuver. Namun jangan lupa untuk memperhatikan kendaraan lain sebelum beraksi.

    Apabila tidak memungkinkan, maka kurangi kecepatan saat melewati lubang itu. Untuk menghindari adanya benturan dengan velg mobil. 

            3. Jaga Jarak 

    Selalu jaga jarak mobil Anda dengan kendaraan lain. Sebab, meski Anda sudah berhati-hati dengan melaju secara perlahan, pengendara lain tak mesti sama. 

    Apabila jarak terlalu dekat, saat terjadi pengereman salah satu kendaraan, bukan tak mungkin akan terjadi benturan. Kalau respon Anda cepat, mungkin bisa terhindarkan. Tapi jika tidak, bisa berakibat fatal.

            4. Pegang Setir dengan Kuat

    Selanjutnya adalah pegang kemudi kuat-kuat. Guncangan akibat melewati jalan rusak bisa sangat keras. Saat itu terjadi, bisa saja setir akan terpengaruh dengan guncangan itu.

    Akibatnya, mobil bisa berbelok jika setirnya tidak Anda pegang dengan kuat. Anda bisa lepas kendali jika hal ini terjadi.