Berita

    Mengenal Peralatan Khusus dalam Perawatan Mobil

    Jika Anda memiliki kendaraan, termasuk mobil, maka penting untuk melakukan berbagai perawatan yang tepat. Untuk mendukung berbagai kegiatan membersihkan dan merawat mobil, maka ada peralatan yang sebaiknya Anda gunakan.

    Apa saja yang termasuk dalam alat-alat tersebut? Baca artikel ini sampai tuntas dan pastikan Anda telah mengetahui berbagai peralatan khusus yang dibutuhkan.

    Berbagai Peralatan untuk Merawat Mobil

    Berikut adalah berbagai peralatan yang dapat digunakan untuk melakukan perawatan dan pembersihan mobil.

    • Shampo Mobil

    Pertama, ada sampo mobil yang sangat diperlukan ketika akan mencuci mobil. Sebagian orang mungkin terbiasa untuk menggunakan berbagai jenis sampo atau sabun untuk melakukan pencucian mobil.

    Padahal, sebagian jenis sabun atau sampo bisa saja tidak cocok untuk membersihkan berbagai komponen mobil. Maka dari itu, sebaiknya Anda menggunakan sampo yang memang secara khusus dibuat untuk mencuci mobil.

    Berbagai bahan yang ada di dalamnya telah didesain secara khusus, sehingga Anda tidak perlu khawatir hal tersebut akan merusak cat mobil.

    • Semir Ban

    Selanjutnya, ada semir ban yang dapat membantu Anda menjaga kilau pada ban mobil. Jika ingin ban mobil selalu tampak kinclong dan bersih, maka ini merupakan alat untuk merawat mobil yang perlu Anda miliki.

    • Penghisap Debu

    Penghisap debu atau vacuum cleaner merupakan alat pembersih yang penting dan sangat diperlukan untuk membersihkan berbagai bagian di dalam mobil.

    Dengan menggunakan alat ini, maka berbagai kotoran hingga debu halus dapat dibersihkan dengan mudah.

    Anda dapat membersihkan berbagai bagian dan sela-sela interior, misalnya bagian karpet, jok, dashboard, dan berbagai detail lainnya.

     

    penghisap debu

    Freepik.com

    Setiap jenis vacuum cleaner bisa jadi memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing, sehingga penting untuk memilih jenis yang tepat.

    • Jet Cleaner

    Jika penyedot debu dapat digunakan untuk membersihkan area interior, maka Anda juga membutuhkan jet cleaner yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai bagian kaki mobil dan bagian mesin.

    Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan roda, bagian bawah mobil, hingga bagian dalam dari kap mesin mobil.

    Ini merupakan alat yang dapat menyemprotkan air dengan tekanan tinggi, sehingga berbagai jenis kotoran dan noda yang membandel dapat ditangani dengan maksimal.

    Sama seperti penyedot debu yang memiliki berbagai jenis, alat ini juga memiliki berbagai tingkat tekanan, sehingga pastikan bahwa Anda menggunakan jenis alat dengan tekanan yang tepat.

    • Alat Pembersih Kaca Portabel

    Selanjutnya, sebaiknya Anda juga memiliki pembersih kaca portabel. Ini merupakan alat yang sangat praktis dan berguna untuk membersihkan berbagai bagian di kaca mobil.

    Kaca yang baru saja terkena hujan atau tersemprot air, bisa saja tidak maksimal jika hanya dilap dengan kain biasa. Maka dari itu, alat ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk membersihkan kaca mobil.

    Karena bentuknya yang praktis dan dapat dibawa kemana saja, Anda dapat menggunakannya dengan mudah dan selalu merawat mobil dengan baik.

    Dengan alat ini, maka Anda juga bisa mencegah munculnya pertumbuhan jamur dan bakteri di kaca mobil.

    • Spray Wax

    Bagi Anda yang belum tahu, ini merupakan cairan pembersih yang dapat menjadikan mobil tetap bersih dan berkilau.

    Penggunaannya juga terbilang sangat mudah, hanya perlu disemprotkan ke bagian-bagian yang ingin dibersihkan, lalu lap dengan kanebo hingga cairan tersebut bersih.

    Spray wax juga dapat memberikan perlindungan terhadap mobil Anda dari berbagai risiko cuaca, misalnya panas matahari yang terlalu terik.

    Jika Anda ingin melakukan perawatan dan pembersihan yang maksimal untuk mobil, maka alat-alat di atas sebaiknya dimiliki. Dengan begitu, setiap proses perawatan pun dapat dilakukan dengan mudah, namun hasilnya tetap optimal.