Berita

    Ketahui Penyebab Kaca Mobil Berembun Berikut Ini

    Berkendara di tengah hujan memang tidak baik sebab dapat mengakibatkan kecelakaan. Pasalnya, di waktu hujan, kaca mobil akan lebih mudah untuk berembun. Sehingga visibilitas pengemudi untuk melihat jalan pun lebih kecil. Bila tidak berhati-hati, risiko kecelakaan bisa terjadi. 

    Kaca mobil berembun sewaktu hujan bisa terjadi karena AC mobil yang nyala. Keadaan kabin yang lembab lantaran AC mobil, menciptakan embun yang memenuhi area kaca mobil. Udara di luar yang dingin juga menjadi penyebab pendukung lainnya. 

    Atasi Kaca Mobil Berembun Dengan Tips Ini

    Nah, untuk mengatasi keadaan kaca mobil yang berembun, Anda bisa mengikuti tips menghilangkan embun kaca mobil ini. 

    1. Turunkan Suhu di Dalam Mobil Atau Matikan AC

    Embun yang memenuhi area kaca mobil dapat terbentuk lantaran adanya perbedaan suhu antara area dalam dan luar kendaraan. Maka, langkah awal yang bisa dilakukan ialah menurunkan suhu di dalam mobil dengan mematikan AC atau menyetel di posisi paling rendah. 

    Anda juga perlu mengatur suhu kipas ke angka tertinggi untuk menjaga sirkulasi udara di dalam mobil agar lebih maksimal. 

            2. Gunakan Defrost/Defogger

    Ada beberapa mobil yang mempunyai fitur defrost/defogger. Anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk menghilangkan embun yang menempel pada seluruh kaca mobil. 

    Ventilasi defrost umumnya berada di area paling ujung dashboard. Ini bisa digunakan untuk menghapus embun di bagian depan. Sedangkan area belakang mobil, bisa dihilangkan memakai fitur defogger. 

            3. Gunakan Tombol Resirkulasi

    Setiap mobil sudah dilengkapi fitur resirkulasi. Gunakan tombol itu untuk menghilangkan kaca yang berembun. 

    Tombol resirkulasi berfungsi untuk memasukkan angin dari luar kemudian menghembuskan kembali di dalam mobil, tanpa perlu mengubah suhu. Cara ini bisa membantu Anda dalam mengatasi perbedaan temperatur ketika hujan datang. 

    Namun, Anda hanya perlu menggunakan tombol ini secukupnya saja. Ketika dirasa embun sudah hilang, segera matikan agar penumpang di dalamnya tidak kedinginan. 

            4. Aktifkan Wiper 

    Embun juga bisa terjadi ketika suhu di luar begitu panas dan udara di dalam kabin mobil begitu dingin. Titik-titik kecil embun akan memenuhi kaca. 

    Saat itu, Anda bisa menurunkan suhu AC dan menyalakan wiper untuk membersihkannya. Namun, pastikan kecepatan wiper diatur agar dalam kondisi pelan agar tidak mengganggu penglihatan terhadap jalan.