Berita

    Kondensor: Peran Pentingnya dalam Sistem Pendingin AC Mobil

    Tentunya, AC mobil sangat penting untuk menjaga suhu sekaligus membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Untuk bisa menjalankan fungsinya, terdapat beberapa komponen penting di dalam sistem AC, salah satunya yaitu kondensor.

    Komponen tersebut memiliki peran yang sangat penting sehingga sistem pendingin AC bisa berfungsi dengan baik. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mendukung kenyamanan pengemudi dan penumpang mobil.

    Peran Penting Kondensor AC Mobil

    Sebagai salah satu komponen AC, komponen ini sangat penting sebab memiliki fungsi untuk menyejukkan kabin mobil. Berbagai peran penting dimiliki oleh komponen ini, berikut merupakan penjelasannya.

    • Membuang Panas

    Peran penting yang pertama yaitu membuang panas. Udara panas yang ada di kabin mobil akan dibuang sehingga pengemudi dan penumpang tidak merasakan kepanasan.

    Sesuai dengan yang sudah Anda ketahui, fungsi AC adalah untuk mengatur suhu di dalam kabin. Panas yang ada dikeluarkan dengan terjadinya perubahan freon dari wujud gas menjadi wujud cair.

    • Menukar Panas

    Ketika terjadinya proses perubahan dari gas menjadi cair, saat itulah akan terjadi proses untuk menukar panas. Udara sekitar yang tadinya panas, ditukar dengan suhu yang lebih sejuk.

    Tentunya, hal ini sangat berguna ketika Anda menempuh berbagai perjalanan dengan suhu panas, terlebih jika harus melintasi jalanan yang macet dalam waktu lama.

    • Mengubah Gas Refrigerant menjadi Cairan Freon

    Peran penting berikutnya adalah untuk mengubah gas refrigerant untuk kemudian menjadi cairan freon.

    Proses ini dapat dilakukan ketika mobil sedang bergerak, udara akan diproses sehingga AC akan menjadi semakin dingin dan membuat pengemudi semakin nyaman.

    Cara Perawatan

    Supaya kondisinya tetap terjaga dan fungsinya bisa berjalan dengan optimal, maka perlu dilakukan perawatan secara berkala. Meski mungkin terdengar merepotkan, namun ini merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan.

    Berikut merupakan langkah-langkah untuk perawatan dan pembersihan yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda melakukannya dengan tepat dan berhati-hati, supaya komponen ini tetap berada dalam kondisi baik dan tidak rusak.

    • Siapkan Peralatan dan Bongkar AC Mobil

    Langkah pertama, siapkan berbagai alat yang dibutuhkan seperti kunci inggris, kunci pas, kunci soket, semprotan air bersih, serta lap kering.