Berita

    Ketahui Fungsi Drive Pinion, Komponen dan Cara Kerjanya

    Drive pinion mobil adalah salah satu komponen dalam sistem gardan mobil. Gardan mobil sendiri berfungsi untuk mengirimkan gaya yang berasal dari tenaga yang dihasilkan mesin, ke roda mobil. Sehingga mobil dapat melaju. 

    Sedangkan drive pinion merupakan bagian gardan mobil yang berperan sebagai roda pemutar untuk mengalirkan tenaga dari mesin ke gardan mobil. 

    Fungsi Drive Pinion Mobil

    Drive pinion terdiri dari dua jenis yaitu, drive pinion shaft dan drive pinion gear.Drive pinion shaft berupa poros roda gigi yang terhubung dengan drive pinion gear. Tugasnya adalah menjadi penghubung antara putaran dalam gir gardan dan poros propeller. 

    Sedangkan drive pinion gear berperan mengalirkan tenaga mesin dari poros propeller ke rangkaian gardan. Komponen ini berupa roda gigi yang bentuknya mirip buah nanas. 

    Komponen Gardan Mobil 

    Drive pinion baru satu komponen dari banyaknya bagian dalam gardan mobil. Supaya gardan mobil dapat bekerja dengan optimal, maka belasan komponen lainnya harus berfungsi dengan baik.  

    Berikut ini komponen-komponen yang ada dalam gardan mobil:

    • Spider Gear

    Spider gear berperan sebagai gigi untuk pembeda putaran. Menjadi tumpuan ketika mobil mobil hendak berbelok. Jumlahnya ada dua buah, diletakkan pada kemiringan 90 derajat dari bagian side gear.

    • Ring Gear

    Sesuai dengan namanya, komponen ini memiliki bentuk menyerupai cincin, tapi berukuran cukup besar. Ring gear berfungsi untuk menerima putaran yang berasal dari drive pinion mobil, atau lebih tepatnya drive pinion gear.

    • Spider Gear Shaft

    Spider gear shaft bertugas membantu pergerakan spider gear. Membuat mobil lebih mudah berbelok karena tingkat kemiringan yang diberikan pada mobil.

    • Differential Carrier

    Differential carrier atau disebut juga differential case merupakan rumah dari komponen-komponen gardan mobil. 

    • Axle Shaft Bearing

    Axle shaft bearing merupakan bantalan untuk komponen lain yang bergerak atau berputar. Jumlahnya ada dua dan biasanya terletak di side gear kiri serta kanan. 

    • Axle Shaft Housing

    Axle shaft housing menjadi penutup utama yang menutupi sistem gardan dan as roda. Sehingga sistem gardan dapat terlindungi.

    • Axle Shaft Housing Cap