Berita

    Suka Kebut-kebutan Sembarangan? Ini Dampaknya ke Mobil

    Kebut-kebutan atau mengemudi dengan kecepatan tinggi adalah perilaku yang sering kali dianggap sebagai sesuatu yang menyenangkan atau mengasyikkan. Padahal ada dampak dari kebut-kebutan pada mobil yang membahayakan pengguna jalan.

    Selain itu, dampaknya juga bisa Anda rasakan pada performa mobil. Artikel ini akan mengidentifikasi dan menjelaskan dampak negatif dari kebut-kebutan baik terhadap kendaraan maupun pengguna jalan.

    Dampak dari Kebut-kebutan pada Mobil

    Ada beberapa dampak yang bisa Anda dapatkan apabila nekad melakukan kebut-kebutan di jalanan. Dampak ini mencakup kerusakan komponen maupun dalam segi hukum

    • Kerusakan pada Kendaraan

    Kebut-kebutan dengan mobil dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan itu sendiri. Mengemudi dengan kecepatan tinggi meningkatkan tekanan dan ketegangan pada berbagai komponen kendaraan. Seperti sistem rem, suspensi, roda, dan mesin. 

    Hal ini dapat mengakibatkan keausan yang lebih cepat dan memperpendek umur pakai kendaraan Anda. Selain itu, melaju dengan kecepatan tinggi dapat meningkatkan risiko kerusakan yang tidak terduga.

    • Mobil Tiba-tiba Mogok

    Dampak lain yang bisa Anda dapatkan adalah mobil yang tiba-tiba mogok karena terlalu sering digunakan untuk kebut-kebutan. Penyebabnya yaitu karburator yang fungsinya memasok bensin ke silinder.

    mobil mogok

    Apabila idle katupnya terlampau tinggi, maka katup pada karburator juga tidak dapat menutup secara baik. Sehingga supply bahan bakarnya juga over atau terlalu banyak. Mobil pun bisa berpotensi mogok.

    • Kecelakaan yang Berpotensi Fatal

    Salah satu dampak dari kebut-kebutan pada mobil yang paling serius adalah risiko kecelakaan yang fatal. Mengemudi dengan kecepatan tinggi meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

    Kebut-kebutan ini bukan hanya membahayakan pengemudi dan penumpang mobil, namun juga pengguna jalan lainnya. Untuk itu Anda tidak boleh egois dan melakukan kebut-kebutan. Meski di jalanan yang sepi sekalipun. 

    • Penurunan Kendali dan Respon yang Lebih Lambat

    Mengemudi dengan kecepatan tinggi membuat pengemudi memiliki waktu reaksi yang lebih singkat. Terutama saat menghadapi situasi darurat atau perubahan yang tiba-tiba di jalan. 

    Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kemampuan untuk mengendalikan mobil. Selain itu, semakin tinggi kecepatan mobil, semakin besar pula jarak pengereman yang dibutuhkan untuk menghentikan kendaraan. Hal tersebut meningkatkan risiko tabrakan dari belakang atau kehilangan kendali saat melakukan manuver.

    • Tidak Ramah Lingkungan

    Kebut-kebutan pada mobil juga memiliki dampak negatif pada lingkungan. Mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar dan menghasilkan emisi yang lebih tinggi.

    Tentu saja hal ini meningkatkan jejak karbon kendaraan dan kontribusi terhadap polusi udara. Akibatnya dapat memperburuk masalah lingkungan seperti polusi udara, pemanasan global, dan perubahan iklim.

    • Konsekuensi Hukum yang Berat:

    Mengemudi dengan kecepatan melebihi batas yang ditetapkan adalah pelanggaran hukum yang serius. Anda bisa saja mendapatkan konsekuensi hukum yang berat. 

    Pelanggaran kecepatan tinggi dapat mengakibatkan denda yang besar (tilang), pencabutan izin mengemudi, atau bahkan penahanan. Apalagi jika sampai menyebabkan kecelakaan.

    Dalam kasus kecelakaan yang disebabkan oleh kebut-kebutan, pengemudi dapat dihadapkan pada tuduhan hukum yang lebih serius. Termasuk tuntutan dan hukuman penjara.

    Dari penjelasan di atas, tentu kebut-kebutan pada mobil bukanlah perilaku yang dapat diabaikan atau dianggap sepele. Sebaiknya Anda pahami dampak ini dan hindari melajukan mobil dengan kecepatan tinggi atau ugal-ugalan.