Berita

    Tips! Cara Menyambungkan Bluetooth HP ke Mobil

    Mendengarkan musik ketika berkendara adalah aktivitas yang menyenangkan dan dapat membantu pengemudi tidak mudah bosan. Berbagai cara dilakukan oleh pengemudi untuk dapat mendengarkan musik di dalam mobil.

    Salah satunya adalah cara menyambungkan Bluetooth HP ke mobil yang dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan perangkat tertentu. Jika mobil Anda memiliki perangkat Bluetooth, maka simak ulasan cara untuk menyambungkannya di bawah ini!

    4 Cara Menyambungkan Bluetooth HP ke Mobil

    Hampir setiap mobil dengan desain terbaru memiliki perangkat Bluetooth yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, termasuk mendengarkan musik dari HP. Lalu, bagaimana cara menyambungkannya? Simak ulasan cara dan tahapannya di bawah ini!

    • Nyalakan Perangkat Bluetooth

    Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah memastikan bahwa perangkat Bluetooth pada mobil Anda menyala. Untuk menyalakannya, Anda dapat memilih menu “Settings” dan pilih menu “Bluetooth connection.”

    Jika Anda sudah mengaktifkan Bluetooth pada perangkat mobil, pastikan untuk lakukan “Pairing”. Tujuannya agar Bluetooth mobil Anda nantinya dapat terdeteksi oleh perangkat HP, yang mana dengan begitu kedua perangkat akan terkoneksi.

    • Aktifkan Fitur Bluetooth HP

    Kedua adalah mengaktifkan fitur Bluetooth yang ada di perangkat HP Anda. Untuk langkah-langkahnya hampir sama, yaitu klik “Settings” dan pilih “Bluetooth”. Lalu, klik tombol aktifkan perangkat Bluetooth pada HP Anda.

    Pada tahap ini, Anda juga perlu mengetahui nama perangkat Bluetooth mobil Anda. Tujuannya agar proses koneksi dua perangkat berhasil dan Anda dapat mendengarkan musik ataupun podcast dari mobil.

    • Hubungkan Kedua Perangkat

    Menghubungkan kedua perangkat Bluetooth sangat mudah jika masing-masing keduanya sudah aktif. 

    Biasanya, jika Bluetooth sudah terhubung maka pada layar mobil Anda akan terlihat. Apabila kedua perangkat sudah terhubung, berarti proses koneksi tersebut berhasil.

    tombol bluetooth

     

    Jika pada layar Bluetooth mobil Anda atau pada perangkat HP belum menunjukkan bahwa dua perangkat terhubung. Anda dapat mengulang kembali cara-cara dari awal atau sebelumnya. Lakukan hingga semua perangkat terhubung.

    • Dengarkan Musik atau Podcast Di Mobil

    Salah satu fungsi utama dari cara menyambungkan Bluetooth HP ke mobil adalah agar Anda dapat mendengar musik atau podcast di dalam mobil. Sehingga, Anda tidak perlu terfokus bermain HP ketika berkendara.

    Menghubungkan perangkat Bluetooth HP ke mobil juga dapat memudahkan Anda untuk fokus mengemudi dan cukup dengarkan musik melalui speaker mobil. Pastikan juga Anda tidak sekaligus memainkan HP ketika berkendara!

    Cara Mengatasi Bluetooth yang Tidak Terhubung pada Mobil

    Jika Anda sudah mencoba untuk menghubungkan Bluetooth mobil dan HP tetapi masih belum muncul audio dari speaker mobil, mungkin ada masalah pada koneksinya. Lalu, bagaimana cara mengatasinya jika hal ini terjadi?

    Pertama-tama, Anda dapat mengulang langkah-langkah pairing antara Bluetooth mobil dan HP. Jika sudah mencoba berkali-kali tidak terhubung juga, Anda wajib untuk mencoba cara kedua, yang mana menghapus perangkat yang tersimpan.

    Karena biasanya daftar perangkat yang tersimpan melebihi kapasitas, sehingga Anda wajib untuk menghapus beberapa perangkat sebelumnya. Jika cara ini sudah Anda lakukan, maka coba kembali untuk saling menghubungkan perangkat Bluetooth pada mobil dan HP Anda.

    Kesimpulannya, cara menyambungkan Bluetooth HP ke mobil sangatlah mudah. Terlebih lagi jika Anda memiliki mobil dengan perangkat Bluetooth di dalamnya. Memiliki perangkat Bluetooth sangat membantu pengemudi agar tidak mudah bosan saat di jalan.