Berita

    Alarm Mobil Tidak Bunyi? Berikut Penyebabnya

    Alarm yang terdapat pada mobil berperan cukup penting, terutama untuk hal keamanan. Pada saat Anda menekan tombol untuk mengunci mobil akan terdengar bunyi yang menjadi tanda bahwa mobil terkunci. Namun seringkali terjadi masalah yaitu alarm mobil tidak bunyi. 

    Hal seperti ini tentu akan cukup merepotkan bagi Anda. Itu mengapa Anda perlu memastikan alarm mobil selalu berfungsi. Kondisi semacam ini tentu diakibatkan oleh beberapa penyebab, untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

    Apa Saja Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi?

    Terdapat beberapa hal yang mengakibatkan alarm pada mobil tidak berbunyi. Berikut ini beberapa penyebab utamanya:

    • Central Lock Kehabisan Baterai

    Penyebab pertama yang perlu Anda ketahui adalah baterai pada central lock sudah habis. Namun hal ini seringkali tidak disadari oleh para pemilik mobil. 

    Perlu Anda ketahui bahwa semakin sering Anda menggunakan remote alarm mobil, maka baterai pada central lock pun akan semakin cepat berkurang. 

    Alhasil, ketika baterai alarm habis, Anda perlu membuka dan menutup kunci mobil secara manual. Jika terjadi hal demikian, Anda perlu sesegera mungkin mengganti baterai yang ada pada central lock.

    Anda dapat mengganti baterai central lock tersebut dengan bantuan dari bengkel kepercayaan Anda karena tentu mereka memiliki mekanik yang lebih andal. 

    Agar hal tersebut tidak terjadi kembali, pastikan untuk selalu mengecek baterai central lock secara rutin.

    • Alarm sedang dalam Pengaturan Valet Mode

    Perlu Anda ketahui bahwa alarm mobil dapat diatur dalam mode valet. Ini merupakan pengaturan yang akan membuat alarm berada pada mode senyap atau sering disebut dengan silent mode

    Mode seperti ini biasanya diaktifkan pada saat seseorang menggunakan jasa valet parking untuk mobilnya. 

    Biasanya layanan semacam ini disediakan pada beberapa tempat seperti mall, restoran, hotel, atau tempat umum lainnya. 

    Dengan begitu, akan ada petugas khusus yang memarkirkan mobil Anda sehingga Anda tidak perlu kerepotan mencari tempat parkir.

    Dikarenakan mobil Anda akan dibawa oleh orang lain untuk beberapa saat, maka mau tidak mau keamanan mobil akan sedikit dilonggarkan dengan cara mematikan sistem alarm mobil. 

    Maka saat alarm mati, maka lampu indikator dan bunyinya pun akan mati saat tombol ditekan.