Berita

    Simak Tanda Ban Mobil Perlu Diganti

    Ganti ban mobil tidak harus menunggu sampai ban tersebut sobek atau pecah saja, namun perhatikan juga apakah tapak ban atau bagian tengah telah mulai menipis. Pasalnya, ketika kedua hal tersebut terjadi pada ban mobil Anda dan tetap dipaksa untuk melaju. 

    Maka, ada kemungkinan suatu saat nanti ban tersebut akan pecah. Untuk itu, penting buat pemilik mobil untuk segera mengganti ban apabila telah saatnya untuk melakukan penggantian. Seperti apa ciri-ciri dari ban mobil yang perlu diganti? Berikut informasinya. 

    7 Hal yang Menandakan Anda Harus Segera Ganti Ban Mobil

    Ban merupakan salah satu suku cadang yang penting bagi mobil karena menjadi tumpuan agar bisa melaju dengan baik di jalanan. Itu sebabnya, pengecekan secara rutin kondisi ban perlu dilakukan, terutama ketika akan digunakan untuk perjalanan jauh. 

    Nah, agar terhindar dari segala kemungkinan yang tidak menyenangkan saat meluncur di jalanan, Anda harus mengetahui apa saja ciri-ciri yang menandakan bahwa ban mobil perlu untuk diganti. Dihimpun dari berbagai sumber, begini tanda ban mobil harus segera diganti. 

            1. Usia Ban Mobil

    Bahan ban mobil yang terbuat dari karet memang memiliki tingkat elastisitas tinggi. Namun ingat, tingkat kelenturannya akan terus berkurang seiring dengan masa pemakaian. 

    Ada yang menyebutkan masa pakai atau batas usia ban mobil adalah 3 tahun, namun ada pula yang mengatakan 6 tahun. Poinnya adalah, Anda harus lebih waspada dan selalu mengecek kondisi ban ketika usia ban telah mencapai tahunan. 

    Akan lebih baik jika segera ganti ban apabila telah digunakan selama lebih dari 3 tahun, meskipun kembangan ban masih tebal akibat mobil jarang digunakan. 

    Sebab, ban mobil akan mengeras alias tidak lagi lentur sehingga akan mengganggu kenyamanan apabila tetap digunakan. 

            2. Batas Jarak Tempuh Terlampaui

    Ciri kedua harus segera ganti ban adalah jika telah melampaui batas jarak yang telah ditentukan, yaitu 40 ribu km. Walaupun usia pakai belum sampai 3 tahun namun jarak tempuh telah lebih dari 40 ribu km, maka sebaiknya segera ganti ban mobil Anda.  

            3. Melampaui Batas Keausan

    Setiap pabrik ban akan memberikan indikasi batas keausan ban atau TWI (Tread Wear Indicator). Indikator TWI ini umumnya bisa dilihat di bagian tepi ban mobil atau di tengah telapak ban.