Berita

    Kaca Mobil Anda Berjamur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Kaca mobil yang bersih dan jernih adalah elemen penting dalam menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Namun jika kaca mobil berjamur atau kotor, maka visibilitas atau pandangan ketika berkendara bisa terganggu.

    Akibatnya, fokus saat mengemudi bisa berkurang, sebab Anda tidak bisa melihat kondisi jalan dan pengendara lainnya dengan jelas. Oleh karena itu, ketahui apa saja penyebab munculnya jamur pada kaca mobil beserta alternatif cara untuk mengatasinya.

    4 Faktor yang Menyebabkan Kaca Mobil Berjamur

    Meskipun sudah dibersihkan secara rutin, namun kaca mobil tetap rentan berjamur jika cara membersihkannya salah. Selain itu, ada pula beberapa faktor lain yang membuat kaca mobil ditumbuhi jamur. Berikut ini beberapa penyebabnya yang paling umum:

    • Proses Cuci Mobil yang Kurang Baik

    Jika Anda tidak melakukan proses pengeringan yang benar setelah mencuci mobil, maka air yang tertinggal di kaca dapat menjadi tempat yang ideal bagi pertumbuhan jamur di kaca mobil.

    Selain itu, mencuci mobil di bawah sinar matahari yang terik juga dapat menjadi masalah. Paparan matahari yang intens memang bisa membuat air pada mobil cepat menguap, tetapi sisa jejak air dapat menjadi tempat ideal bagi jamur untuk tumbuh.

    • Kualitas Air yang Buruk

    Kualitas air yang digunakan saat mencuci mobil juga memiliki dampak signifikan pada kaca mobil. Beberapa jenis air mengandung zat seperti besi kuning, garam, atau tingkat kapur yang tinggi. 

    Air dengan kualitas buruk ini dapat meninggalkan residu pada kaca mobil setelah mengering, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan jamur. Akibatnya, kaca mobil berjamur, terlihat kusam, dan sulit untuk dibersihkan.

    • Kondisi Cuaca Tidak Stabil

    Cuaca yang tidak stabil dengan perubahan drastis dari panas terik ke mendung dan hujan, adalah kondisi ideal untuk pertumbuhan jamur pada kaca mobil. Saat cuaca panas, air yang mungkin ada pada kaca mobil menguap dengan cepat.

    Namun ketika hujan tiba-tiba datang, air akan kembali menempel pada kaca. Kemudian ketika cuaca kembali cerah, residu air yang mengering dapat menjadi tempat bagi jamur untuk berkembang biak.

    • Paparan Air Hujan

    Penyebab kaca mobil berjamur yang terakhir adalah akibat paparan air hujan secara terus menerus.  Sebab, air hujan yang menempel pada kaca mobil dapat menyebabkan kelembaban dan meninggalkan sisa residu yang memungkinkan jamur tumbuh.

    Freepik

    Cara Mengatasi Kaca Mobil yang Berjamur