Berita

    Kelebihan dan Kekurangan Ban Mobil Lebar

    Apa saja kelebihan dan kekurangan ban mobil lebar? Mungkin, ini adalah sebuah pertanyaan yang kini mengusik rasa penasaran Anda sebagai pengguna mobil yang hendak melakukan modifikasi menggunakan ban lebar.

    Memang, salah satu bagian yang diubah saat modifikasi adalah ban. Mayoritas pengguna mobil menggantinya dengan ukuran lebih lebar dari standar. Namun, sebelum melakukan itu, lebih baik ketahui plus dan minus dari ukuran ban yang besar ini!

    Intip Kelebihan dan Kekurangan Ban Mobil Lebar

    Setiap mobil sudah memiliki standar ukuran bannya masing-masing. Apabila, ukuran roda terlalu kecil atau terlalu besar, akan menimbulkan efek bagi performa mesin. Nah, berikut kelebihan dan kekurangan dari penggunaan ban mobil yang ukurannya lebih lebar dari standar: 

    • Kelebihan Menggunakan Ban Mobil Lebar

    Mobil dengan ban besar bisa memberi kesan kuat dan membuat tampilan mobil lebih maskulin. Adapun, berikut kelebihan yang bisa Anda rasakan ketika memakai ban dengan ukuran yang lebih lebar:

    • Lebih Stabil dan Tidak Gampang Selip

    Mobil yang menggunakan ban berukuran besar dan lebar cenderung lebih stabil serta tidak gampang selip. 

    Hal tersebut dikarenakan volume ban lebih tinggi dari ban kecil, sehingga lebih aman saat melewati jalanan yang bergelombang, berkerikil, atau bahkan berlubang. 

    Ban besar juga memiliki penampang yang berukuran lebar sehingga handling-nya lebih nyaman dan stabil saat menyentuh tanah. Ketika pengereman mendadak, ban tidak gampang selip sehingga risiko kecelakaan dapat diminimalisasi. 

    • Memperkecil Jarak Pengereman

    Ada kalanya, mobil harus melakukan pengereman mendadak karena suatu hal. Misal, karena ada kecelakaan pada kendaraan depan Anda. 

    Mobil yang menggunakan ban berukuran lebih lebar dapat mengurangi jarak pengereman. Hal itu disebabkan karena rolling resistance meningkat sehingga mobil bisa berhenti dalam jarak yang lebih pendek dari standar. 

    • Mobil Terkesan Keren

    Untuk mobil yang biasanya memiliki body dan ban berukuran kecil, ketikan menggantinya dengan ban yang lebih besar, maka tampilannya akan lebih maskulin dan sporty. Kaki-kaki mobil akan tampak lebih gagah dari rata-rata mobil yang lain. 

    • Mobil Tampak Lebih Kokoh

    Dari sisi gaya, mobil dengan ban besar akan tampak lebih gagah dan kokoh. Pasalnya, bodi mobil menjadi lebih berisi dan tinggi. Mobil kecil tipe city car pun akan bisa terlihat seperti mobil sport bila bannya diubah dengan tipe lebih lebar. 

    • Kekurangan Menggunakan Ban Mobil Lebar

    kekurangan ban mobil lebarPexels.com

    Kelebihan dan kekurangan ban mobil lebar tidak lengkap tanpa mengetahui sisi pahitnya. Berikut kekurangannya:

    • Boros dalam Pemakaian BBM

    Ban besar akan menimbulkan gaya gesek yang lebih besar pula saat permukaannya bersentuhan dengan tanah. Akibatnya, mesin akan bekerja ekstra untuk menggerakkan mobil. 

    Ketika mesin bekerja ekstra, tentu tenaga yang dikeluarkan pun akan besar. Akibatnya, bahan bakar yang digunakan pun akan lebih banyak, sehingga menjadi cepat habis. 

    • Tenaga yang Dikeluarkan Berkurang

    Mobil dengan ban besar memerlukan tenaga lebih untuk melaju. Maka, tidak heran jika dirasa mobil seperti tertahan beban yang berat. Akibatnya, tenaga mesin pun berkurang dari standarnya. 

    Kemudi mobil pun terasa lebih berat saat digerakkan, yang membuat Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra saat memutarnya. 

    • Muncul Suara Bising

    Saat ban besar bersentuhan dengan aspal, gaya geseknya akan lebih besar. Maka, akan muncul suara berisik karena gesekan tersebut. 

    Demikianlah kelebihan dan kekurangan ban mobil lebar yang perlu Anda ketahui. Masih yakin untuk memodifikasi ban standar mobil Anda? 

    Apabila Anda ingin menggantinya, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan tim ahli di bengkel resmi Suzuki. Dengan begitu, risiko-risiko buruk akibat penggantian ban yang lebih besar dari standar dapat diminimalisasi.