Berita

    Memahami Audio Mobil dan Fungsinya

    Lebih dari sekadar alat hiburan, audio mobil yang canggih mampu meningkatkan pengalaman berkendara Anda, terutama jika Anda sedang terjebak dalam kemacetan lalu lintas atau sedang menempuh perjalanan panjang.

    Sistem audio yang canggih dengan lantunan lagu favorit akan mengubah suasana di dalam kabin mobil dan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

    Agar lebih memahami sistem audio mana yang Anda perlukan untuk mobil, ketahui dulu tujuh komponennya.

    7 Komponen Audio Mobil dan Fungsinya

    Terdapat beberapa komponen yang tersedia pada sistem audio. Berikut adalah masing-masing penjelasan komponen tersebut:

    • Head Unit (Tape Mobil/CD Player)

    Head unit bertindak sebagai pusat kontrol untuk semua aktivitas audio yang mengatur sumber audio, baik itu dari radio, CD, atau perangkat terhubung seperti smartphone

    Selain itu, head unit juga menawarkan berbagai fitur canggih seperti equalizer untuk mengatur tingkat bass, treble, dan midrange. Jadi, jangan lupa untuk memilih head unit berkualitas dari toko resmi yang menawarkan garansi!

    • Power Amplifier

    Ini adalah mesin yang memberi tenaga pada sistem audio Anda. Tanpa amplifier, suara yang dihasilkan oleh speaker Anda akan terdengar lemah dan tidak jelas. 

    Amplifier mengambil sinyal audio dari head unit dan meningkatkan kekuatannya sebelum mengirimkannya ke speaker. Ada berbagai jenis amplifier dengan kapabilitas yang berbeda.

    Beberapa amplifier jenis modern bahkan dilengkapi dengan fitur output display dan remote control.

    Ini memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat kekuatan suara sesuai kebutuhan dan preferensi Anda, dari suara bass yang menggelegar hingga nada tinggi yang kristal.

    • Speaker Sound System

    Speaker adalah elemen yang mengubah sinyal elektrik menjadi gelombang suara yang kita dengar. Tapi jangan salah, semua speaker tidak diciptakan sama.

    Ada berbagai jenis speaker berdasarkan frekuensi suara yang mereka keluarkan: tweeter untuk frekuensi tinggi, midrange untuk frekuensi menengah, dan midbass untuk frekuensi rendah. 

    Pexels
    • Horn