Berita

    Featured Image

    Hati-hati! Penyebab As Roda Mobil Patah

    AS roda adalah protos atau pusat yang terhubung ke lingkaran roda mobil yang umumnya digunakan pada kendaraan besar seperti truk. Penyebab as roda mobil patah bisa terjadi akibat adanya masalah pada bagian dari rangkaian kaki-kaki mobil tersebut.

    Beberapa penyebabnya cukup beragam yang bisa menimbulkan masalah fatal seperti kecelakaan pada kendaraan. Berikut simak apa saja yang menjadi penyebab dari as roda mobil bisa patah.

    5 Penyebab As Roda Mobil Patah

    Ada banyak kasus kecelakaan mobil terjadi yang disebabkan karena as roda patah. Kasus ini sering kali terjadi terutama pada penggunaan truk atau mobil dengan beban muatan yang cukup besar. Berikut berbagai penyebabnya yang menimbulkan risiko keamanan dalam berkendara.

    1. Kurang Perawatan

    Penyebab pertama, tentu adalah karena kurangnya perawatan pada komponen yang terhubung pada lingkar roda tersebut. Hal ini bisa saja karena pemilik mobil cenderung abai terhadap kondisi as roda mobil itu sendiri. Adapun bagian dari as roda ialah seperti bearing yang bisa saja menimbulkan permasalahan seperti pergerakan tidak lancar.

    Apabila bearing dipaksa terus bekerja, maka akan membuat gerak roda menjadi terganggu. Dampaknya ini akan menghambat stabilitas mobil atau truk ketika sedang melaju dalam kecepatan tinggi. Kendaraan akan menjadi oleng dan gerakan roda menjadi tidak stabil.

    1. Kondisi As Roda Kotor

    Penyebab selanjutnya bisa terjadi karena kondisi roda yang kotor akibat terlalu sering terpapar kotoran di dalam perjalanan. Kerusakan ini juga bisa terjadi karena faktor cuaca ekstrem seperti panas dan hujan yang menyebabkan komponen tersebut berkarat.

    Lambat laun, tentu as roda akan mengalami keausan yang membuat soliditas material tidak dapat bekerja secara maksimal. Lama-lama as roda bisa mengalami patah dan membuat mobil sulit dikendalikan.

    1. Bobot Berlebih

    Bobot muatan yang terlalu besar juga bisa menjadi salah satu penyebab as roda mobil patah. Hal ini seringkali terjadi terutama pada truk angkut yang membawa beban terlalu besar melebihi kapasitas mobil itu sendiri.

    Karena muatan berlebih itu, as roda mengalami bengkok dan patah. Maka dari itu, penting untuk mengetahui spesifikasi serta kapasitas maksimum bobot yang ada pada kendaraan mobil Anda. 

    1. Usia Pemakaian

    Selanjutnya, yang membuat as roda mobil bisa patah juga bisa disebabkan dari usia pemakaian roda itu sendiri. Seperti yang diketahui, kualitas material pada komponen kendaraan tentu berbeda-beda tergantung dengan spesifikasi produk yang ditawarkan.

    Tak hanya itu, perawatan secara rutin juga sangat mempengaruhi usia pakai apakah komponen tersebut masih layak digunakan atau tidak. Sehingga jika as roda mengalami kepatahan, bisa saja itu dikarenakan usia pemakaiannya yang sudah tua.

    1. Suspensi Bermasalah

    Masalah lainnya yang timbul dan menyebabkan as roda patah adalah bagian suspensi yang bermasalah. Gejala lainnya bisa dilihat dari bunyi di suspensi mobil yang mengganggu saat setir narik. hingga ban makan sebelah.

    Suspensi BermasalahFreepik.com

    Penyebab ini seringkali membuat mobil keseleo secara mendadak. Jika sudah seperti ini, maka harus segera melakukan perbaikan ke bengkel terdekat untuk melakukan penggantian as roda mobil dengan yang baru.

    Demikian penjelasan tentang berbagai penyebab as roda mobil patah yang bisa berakibat fatal pada kendaraan Anda. Dari penyebab ini, penting untuk melakukan perawatan secara berkala agar usia pemakaian lebih panjang dan terawat.