Berita

    Sering Salah Makna, Ternyata Ini Fungsi Lampu Hazard Yang Sebenarnya

    Lampu Hazard sangat penting dalam kondisi darurat di jalan. Ia berfungsi sebagai penanda kepada pengguna kendaraan lain agar lebih hati-hati karena kondisi jalan di depan yang rusak atau mobil yang ada di depan mengalami trouble. Jika Anda mengalami keadaan darurat, misalnya mobil mengalami kerusakan secara tiba-tiba di tengah jalan Anda bisa menggunakan lampu hazard. Cara mengaktifkannya hanya cukup dengan menekan tombol dengan simbol segitiga warna merah. Ia akan menyala bersamaan dengan lampu sein, kiri dan kanan.

    Fungsi lain dari lampu hazard ada memberi sinyal kepada kendaraan lain bahwa ada kecelakaan di depan, sehingga kendaraan yang berada di belakang perlu mengurangi kecepatan dan lebih berhati-hati. Dalam kondisi hujan lebat dengan pandangan yang terbatas, ada sebagian orang masih menggunakan lampu hazard sebagai tanda untuk berhati-hati. Namun banyak expert yang menyarankan agar menggunakan fog lamp saja.

    Alasannya karena penggunaan lampu hazard justru akan membingungkan pengemudi di belakang karena mereka yang tidak jelih akan menangkapnya sebagai tanda sein mobil untuk berbelok atau berpindah jalur.

    Lalu sesuai dengan fungsi lampu hazard bagaimana cara menyalakannya yang benar? Ada beberapa kondisi yang mewajibkan Anda menyalakan lampu ini. Beberapa kondisi yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut ini. 

     1. Dipakai Saat Darurat

    Lampu hazard sebagai yang digunakan sebagai lampu darurat untuk mobil, tertuang dalam aturan undang-undang tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 121 ayat 1. Ayat ini menyebutkan setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib untuk memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lainnya saat berhenti dalam keadaan darurat di jalan. Kategori darurat yang dimaksudkan dalam butir undang-undang ini berarti mobil mengalami mogok, ada kecelakaan lalu lintas, atau kondisi lain yang membuat pengguna kendaraan lain perlu berhati-hati untuk menghindari tabrakan atau sejenisnya. Lampu ini bisa digunakan juga saat kondisi mobil mengalami trouble di tengah jalan umum atau tol. Anda bisa menyalakan lampu hazard untuk meminta jalan untuk menepi di bahu jalan atau tempat yang lebih aman untuk perbaikan mobil.

    2. Tanda Peringatan

    Lampu hazard juga digunakan sebagai tanda peringatan bagi kendaraan di belakangnya agar berhati-hati karena ada trouble di depan. Biasanya lampu hazard digunakan bila ada kecelakaan di depan Anda. Hal ini sebagai sinyal bagi pengemudi lain untuk segera menghindari atau mengurangi kecepatan agar tidak terjadi kecelakaan lanjutan. Selain itu, lampu ini juga bisa diaktifkan saat mobil tiba-tiba berhenti karena situasi darurat tertentu, misalnya rem tangan mobil Anda mengalami masalah, sehingga mobil tidak bisa berjalan lagi.