Berita

    Penyebab Aki Mobil Tidak Bisa Menyimpan Setrum & Solusinya

    Arus listrik kendaraan memiliki banyak peranan, contohnya untuk menghidupkan mesin, menjadi pemasok energi pada busi, dan meningkatkan kinerja serta kenyamanan mobil. Nah, seperti yang Anda ketahui, salah satu pembangkit arus listrik dalam mobil adalah aki. 

    Sebelum menemukan solusi yang tepat, Anda sebaiknya mengetahui beberapa penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum. Ketika aki kering, performa mesin mobil menjadi terancam. 

    Sebab, keringnya aki menandakan bahwa ia tidak mampu lagi menyimpan setrum, dan akibatnya, komponen kelistrikan pada mobil tidak mendapatkan cukup pasokan listrik.

    Penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum

    Di dalam aki, terdapat sejumlah elemen yang bereaksi secara kimiawi dengan arus listrik yang tersedia sehingga aki dapat menyimpan dan mengeluarkan listrik sesuai kebutuhan. 

    Saat elemen tersebut mengalami kerusakan, ia berimbas pada aki sehingga benda ini tidak mampu untuk menyimpan setrum. 

    Untuk mengetahui penyebab rusaknya sejumlah elemen tersebut, Anda sebaiknya tidak melewatkan 4 hal di bawah ini. Nah, berikut adalah seringkas informasinya.

    • Penggunaan aki yang telah terlampau lama

    Seperti halnya manusia, elemen-elemen aki pun dapat menurun performanya ketika semakin bertambah tua.

    Menurunnya performa tersebut disebabkan oleh melemahnya reaksi kimia yang berlangsung dalam aki. Jadi, ketika elemen tersebut telah rusak, maka ia akan memberi dampak buruk pada penyimpanan setrum pada aki.

    • Kekeringan dan kehabisan aki dalam waktu yang panjang

    Semua elemen aki wajib terendam oleh air aki supaya sistem penyimpanan dan pelepasan muatan listrik pada aki dapat bekerja sempurna. 

    Maka demikian, ketika air aki kering atau tandas, elemen di dalamnya sudah pasti tidak terendam. Hal ini mengakibatkan gangguan pada sistem pelepasan dan penyimpanan listrik, sehingga berimbas pada buruknya penyimpanan setrum.

    • Enggan memakai air khusus aki

    Ketika Anda membeli kendaraan baru, cairan khusus bernama aki zuur dituangkan ke dalam aki. Kemudian saat Anda telah rutin menggunakan kendaraan, di tambahkanlah air aki demineral dengan kemasan botol warna biru. 

    Tidak memakai air khusus aki dapat menyebabkan salah kaprahnya reaksi kimia di dalam benda tersebut dan berakibat pada ketidakmampuan aki untuk menyimpan setrum dalam periode yang lama.

    • Kerusakan overcharge pada aki