Berita

    Ketahui Penyebab Kopling Mobil Selip

    Kopling mobil selip menjadi masalah yang kerap ditemui pada mobil dengan pengoperasian manual. Jika kopling selip maka Anda akan gagal melakukan pergantian pada gigi sehingga menyebabkan kendala pada laju mobil. Mobil akan mandek tak bisa digunakan. Untuk itu perlu diketahui apa saja penyebab masalah ini dan bagaimana untuk mengatasinya.

    Apa Saja Penyebab Kopling Mobil Selip?

    Permasalahan kopling mobil yang selip tak boleh dibiarkan begitu saja. Anda harus memberikan tindakan lanjutan bila hal ini terjadi pada kendaraan kesayangan Anda. Memang terkesan remeh dan ongkos perbaikannya tak mahal, namun Anda tak boleh menganggap masalah ini remeh. Kerusakan yang tidak diberi tindakan sempurna akan menjalar ke hal lain yang akan membuat biaya pembenahan membengkak. Anda tentu tak mau hal tersebut terjadi bukan? Simak hal apa saja yang menyebabkan kopling selip.

    • Kebiasaan Buruk Pengemudi

    Usut punya usut, gaya berkemudi yang tidak bertanggung jawab berpotensi merusak kopling mobil Anda. Jangan terbiasa menahan separuh kopling saat lintasan menanjak dan sengaja tak melepaskan pedal gas. Ini memiliki efek buruk pada umur kopling Anda.

    • Mobil Memuat Beban Berlebih

    Mobil memiliki batas kapasitas maksimal masing-masing, bukan berarti Anda dapat sesuka hati memberikan beban yang begitu berat pada kendaraan Anda. Dengan beban di luar kapasitas, kopling mobil akan bekerja hingga dua kali lipat menyalurkan energy ke sistem transmisi. Ini akan menjadi penyebab kopling selip.

    • Salah Menggunakan Oli Transmisi

    Lihatlah pada manual book kendaran Anda. Spek oli transmisi seperti apa yang dianjurkan, maka pakailah sesuai petunjuk jika ingin mobil Anda awet. Jangan berpikir kalau mahal maka akan baik-baik saja. Akan sia-sia bila mahal tapi tak sesuai spesifikasi anjuran dari pabrik, Itu bersifat destruktif pada mobil Anda.

    • Komponen yang Usang

    Tak bisa dipungkiri bahwa umur mobil juga mempengaruhi kinerjanya. Mobil yang sudah digunakan menempuh banyak sekali perjalanan jauh mulai mengalami banyak aus pada komponennya. Apalagi jika Anda berkendara dengan kasar.

    • Kerusakan pada Kopling Mobil

    Kerusakan apa sajakah yang dapat menyebabkan kopling mobil selip? Pegas kopling yang kinerjanya melemah. Kemudian pressure plate juga sudah tidak layak lagi. Sementara kampas koplingnya juga sudah aus. Ditambah dengan cakram pada kopling yang mengalami kerusakan juga. Hal-hal seperti itu menyebabkan selip pada kopling mobil Anda.

    Cara Atasi Kopling Mobil Selip