Berita

    Kenali Fungsi & Cara Kerja Kopling Mobil

    Bagi Anda pengguna mobil dengan transmisi manual tentu sudah tidak asing lagi dengan kopling mobil. Umumnya, kopling pada mobil berada di bagian paling kiri dari pedal gas dan pedal rem. 

    Sekalipun sudah dikenal oleh setiap pengendara mobil manual, namun nyatanya masih banyak orang yang belum mengenal betul mengenai kopling secara lebih dalam. 

    Kopling sendiri merupakan komponen yang menghubungkan atau memutuskan putaran pada mesin yang menuju ke sistem transmisi. Tak hanya itu, masih banyak lagi fungsi lainnya yang perlu Anda ketahui. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya berikut ini. 

    Fungsi Kopling Pada Mobil 

    Berikut ini beberapa fungsi kopling pada mobil yang perlu Anda ketahui :

    • Memutus dan Menyambungkan Tenaga Mesin ke Roda 

    Kampas kopling berfungsi untuk memutus dan menyambung tenaga mesin ke roda lewat transmisi.

    • Mengangkat Mesin

    Fungsi lainnya dari kopling  pada mobil adalah untuk mengangkat mesin saat mobil akan bergerak. Dengan demikian akan membuat pergerakan mobil akan lebih halus dan lancar. 

    • Memudahkan Perpindahan Gigi

    Kopling berperan untuk mempermudah performa kendaraan pada saat pengemudi memindahkan gigi mobil. Dengan begitu pada saat perpindahan akan menjadi lebih terasa halus saat mulai berjalan atau digunakan. 

    • Membantu Menghentikan Mobil Tanpa Mesin Mati

    Kopling juga berfungsi untuk membantu pengemudi menghentikan mobil tanpa harus menghentikan mesin. Pada saat kendaraan sedang dalam kondisi macet atau di lampu merah. 

    • Menunjang Performa Kendaraan

    Kopling juga berfungsi dalam menunjang performa kendaraan sehingga membuat mesin dapat bekerja lebih maksimal. 

    • Memaksimalkan Performa Rem

    Satu lagi fungsi dari kopling adalah meningkatkan performa rem mobil terutama pada saat perlu mengerem mendadak atau sedang menghadapi kondisi darurat. 

    Komponen-komponen Pada Kopling Mobil

    Agar kopling dapat berfungsi secara maksimal, maka setiap bagian yang berkaitan dengan kopling juga perlu bekerja dengan baik. Maka dari itu, Anda sebagai pengemudi mobil juga perlu mengenal komponen kopling secara lebih detail agar dapat memahami cara kerjanya. 

    Berikut ini beberapa komponen kopling yang perlu Anda ketahui : 

    • Pedal